PAD Sektor Pariwisata Perlu Dimaksimalkan

  • Whatsapp
Transaksi : Jual-Beli di Objek Wisata Pasar Terpung Siring Tandean Banjarmasin

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Potensi Wisata yang dimiliki Kota Banjarmasin sangat banyak bukan hanya  sungai dan  Pasar Terapung yang saat ini terkesan selalu dikedepankan. Wisata kuliner dan religi juga dapat dikembangkan seiring dengan potensi sungai. Hal ini perlu dilakukan agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini dapat diraup secara maksimal. Demikian dikatakan oleh Awan Subarkah, Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin kepada wartaniaga.com, diruang kerjanya, selasa (15/8).

Menurutnya belum maksimalnya PAD melalui sektor ini disebabkan kurangnya promosi yang dilakukan oleh dinas terkait. Padahal imbuh politisi PKS ini promosi dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan  pihak hotel, travel, melalui media sosial dan pemasangan banner di tempat-tempat keramaian.

BACA JUGA:  Ini Tiga Industri Potensial di Kalsel Menurut Bank Indonesia

Muat Lebih

“ Kita punya banyak potensi wisata yang dapat dikembangakan selain Siring dan Pasar Terapung, misalnya wisata religi makam dan masjid, wisata kuliner serta kerajinan tangan seperti kain Sasirangan” jelas pria kelahiran Banyuwangi ini.

Lebih lanjut Awan menuturkan, jika semua objek wisata yang kita miliki dapat dimaksimalkan untuk mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara tentunya akan berimbas pada PAD.

Senada dengan dirinya, H. Achamd Rudiani juga berpendapat jika sektor pariwisata memiliki potensi besar untuk mendapatkan PAD. Terlebih lagi, menurutnya kota Banjarmasin tidak memiliki sumber daya alam yang dapat diandalkan seperti  kabupaten lain di Kalsel.

BACA JUGA:  Serapan Anggaran Rendah. Ini Kata Ibnu Sina !

“ Sektor wisata sangat potensial untuk kita kembangkan dalam upaya meningkatkan PAD, apalagi sungai kita paling baik se Indonesia ini menjadi andalan kita untuk mendatangkan wisatawan” ujarnya

Selain promosi, dirinya menyarankan adanya saling kerjasama antar dinas. Misalnya Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Pertanian untuk sama-sama mengembangkan Taman Satwa di jahri Saleh. “Di sini Dinas Pariwisata dapat ikut andil dalam promosi karena tempat seperti ini juga mempunyai potensi wisata” tambahnya

Meski demikian, kedua anggota dewan ini mengapresiasi kinerja Dinas Pariwisata yang telah membuat kawasan siring menjadi ramai pengunjung, hal tersebut juga berdampak positif bagi UKM-UKM yang ada di sekitar kawasan siring.

Dan mereka berharap agar pemerintah kota Banjarmasin dapat menghidupkan lagi transportasi sungai dan membuatkan rute wisata susur sungai, apabila hal ini terwujud akan berdampak sangat positif pada PAD Banjarmasin yang juga memiliki julukan Kota Seribu Sungai.

BACA JUGA:  Kalsel Targetkan 1 Juta Kunjungan Wisata

Reporter : Fikri

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Fikri

 

 

Pos terkait