Syam : Hindari Berita Hoax

  • Whatsapp
Syam Indra P (paling tengah )

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Seorang jurnalis harus menghindari membuat berita palsu atau hoax. Demikian dikatakan Syam Indra Pratama, Pempinan Redaksi  Berita Banjarmasin.com kepada sejumlah mahasiswa dalam gelaran pelatihan jurnalistik dalam rangka pengabdian dosen Universitas Lambung Mangkurat, di Banjarmasin, Minggu (11/11).

Selain melanggar kode etik jurnalistik, tambahnya berita palsu juga akan berdampak negatif terhadap masyarakat sebagai pembaca. “Kepada kawan-kawan jurnalis, jangan sampai memberikan kabar berita palsu atau hoak” kata mantan jurnalis Radar Banjarmasin ini.

Muat Lebih

Dirinya juga mengatakan saat ini jurnalisme mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring berkembangnya teknologi. “ Kita dapat maksimalkankecanggihan teknologi, misalnya lewat portal berita media online” ungkapnya seraya menambahkan tetap harus bertanggung jawab.

BACA JUGA:  Banjarmasin Minim Pemilih Rasional

Diikuti sebanyak 15 orang peserta, pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang jurnalistik.

“Tujuan kegiatan ini  untuk memberikan dan menambah wawasan generasi muda tentang jurnalistik  yang benar dan jurnalisme memperjuangkan masyarakat”  tutur pria yang juga pernah berkarier di harian Mata Banua ini.

Bagi Syam, pekerjaan jurnalis selain membawa manfaat yang besar terhadap masyarakat juga memiliki resiko yang tinggi, oleh sebab itu, menurutnya pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada insan pers. “Diberikanlah penghargaan lebih untuk insan pers,   dihargai karena pers ini resikonya tinggi dalam aktivitasnya sehari-hari mengumpulkan informasi” ucap pemiliki Hudes Coffe ini.

Reporter : Fathur Rahman

Editor : Edhy Dharmawan

BACA JUGA:  Ratusan Bocah di Banjarmasin Ramaikan Festival Budaya Islam

Foto :  Fathur Rahman

Pos terkait