Psikolog Dampingi Atlet Kalsel Menuju PON XX Papua

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sebanyak 35 atlet dan pelatih Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapat bimbingan psikolog untuk persiapan menuju PON XX Papua 2021.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel terus mengoptimalkan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

Salah satunya, bimbingan psikolog bagi atlet dan pelatih cabang olahraga (Cabor) untuk meningkatkan motivasi melalui workshop, Senin (7/6) di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Pelaksanaan work shop atlet dan pelatih khusus cabang olahraga unggulan PON XX ini, Dispora Kalsel melibatkan para psikologi yang memiliki pengalaman di level internasional yang dihadiri 35 peserta atlet dan pelatih.

“Sekarang ini, memasuki fase penting dalam menghadapi PON Papua. Selain latihan intensif, atlet dan pelatih juga perlu mendapat bimbingan para psikolog agar bisa tampil maksimal,” ungkap Kadispora Kalsel, Hermansyah kepada wartawan, kemarin di Banjarmasin.

BACA JUGA:  PDAM Bandarmasih Sediakan 200 Takjil Setiap Hari untuk Warga

Dengan bimbingan para psikolog, sambungnya, kiranya semangat dan motivasi atlet bertanding semakin meningkat. “Bagi atlet yang mengikuti PON sudah harus siap ‘perang’ dengan meraih prestasi terbaik dalam mengharumkan nama daerah,” tuturnya.

Mengingat, lanjutnya, kontingen PON Kalsel ditarget minimal bisa membawa pulang sebanyak 14 keping emas pada perhelatan multi even olahraga terbesar tanah air di Papau. “Dengan latihan intensif dan motivasi yang kuat, diharapkan bisa merealisasikan terget tersebut,” sebutnya.

Sementara itu, Kabid Prestasi
Kabid Peningkatan Prestasi Dispora Kalsel M Fitri Hernadi menyebutkan, psikolog yang dihadirkan pernah tergabung tim Sea Game dan Asian Game Indonesia. “Mereka bersama dengan psikolog satgas Wasaka KONI Kalsel dan Dispora Kalsel bertugas meningkatkan mental tanding atlet dan pelatih PON Kalsel,” terangnya.

BACA JUGA:  Pangdam VI Mulawarman Serukan Kedamaian

Kedepan, ditambahkannya, mengupayakan masing-masing cabang olahraga memiliki psikolog. “Mengadapai PON Aceh dan Medan, setiap cabor ada pendaping psikolog yang senantiasa bisa mengamati perkembangan mental atlet,” imbuhnya, seraya menyebutkan cabor unggulan PON Kalsel, yakni menembak, gulat, tinju, dayung, pencak silat, karate, kempo, dan biliar.

Penulis : Ahmad Yani

L

Pos terkait