Dispora Kalsel Imbau Dispora Kabupaten/Kota Turut Berperan Majukan Olahraga di Kalsel

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporaĺ Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Forum SKPD antara Dinas Pemuda dan Olahraga se Kalsel.

Dispora Provinsi Kalsel kali ini coba mengundang Dispora Kabupaten/Kota dan mitra kerja Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan se Kalsel Tahun 2021, dengan tema “Tetap Produktif dan Berprestasi Dalam Masa Pandemi”, Senin, (31/05/2021) di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Kadispora Provinsi Kalsel, Drs H Hermansyah MSi, kepada wartawan mengatakan, pada hari ini Dispora Provinsi Kalsel melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) terkait penganggaran/kegiatan Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalsel untuk bisa disinergikan dengan kegiatan dan program-program Dispora Kab/Kota se Provinsi Kalimantan Selatan.

“Rapat ini adalah upaya kita agar semangat, sinergi dan kolaborasi pembinaan kepemudaan dan keolahragaan agar bisa terus kita tingkatkan,” jelas H Hermansyah.

H Hermansyah menambahkan, melaksanakan kegiatan keolahragaan dan kepemudaan di masa pandemi cukup sukit karena kondisi keuangan daerah relatif sulit, sehingga berharap ada upaya-upaya strategis dari Pemprov Kalsel dan Kab/Kota bisa bersinergi dalam hal penganggaran kegiatan kepemudaan dan keolahragaan.

BACA JUGA:  Perhatikan Ini Sebelum Beli Franchise

“Kita berkeinginan agar ada bantuan atau support juga untuk pembinaan pemuda dan olahraga dari Kab/Kota, misalnya kita ingin agar pelaksanaan kegiatan PPLP dan PPLPD yang ada di provinsi, nanti ada juga anggaran untuk mereka dari Kab/Kota. Misalnya untuk makan minumnya mereka ditanggung oleh Kab/Kota,” ucap Hermansyah.

Pihaknya juga menginginkan ada upaya-upaya perbaikan untuk sarana dan prasarana olahraga di Kab/Kota. Karena tahun depan Kalsel akan menjadi tuan rumah pra Popnas.

Hal itu perlu persiapan yang lebih strategis dan diharapkan masing-masing Kab/Kota juga ikut berperan dalam hal pembinaan kepemudaan dan keolahragaan. Termasuk bagaimana meningkatkan Indek Pembangunan Pemuda (IPP).

“Jadi, bukan hanya tugas provinsi, tapi juga bagian dari tugas Kab/Kota, nah ini yang kita harapkan. Makanya hari ini kita laksanakan Rakernis ini supaya ada sinergisitas, kolaborasi. Sehingga, apa yang kita capai nanti adalah capaian Dispora secara keseluruhan baik itu dari Prov Kalsel maupun capaian di Kab/Kota, seperti itu yang kita harapkan,” jelas H.m Hermansyah.

BACA JUGA:  Demi Menggugah Minat Baca Remaja, Johan Lakukan Ini

Diharapkan juga melalui sosialisasi program dan kegiatan tahun 2019 yang sedang berjalan dan dalam rangka menjaring usulan-usulan kegiatan mendatang serta berbagai isu strategis yang tentunya akan menjadi acuan bagi daerah dalam menyusun program dan kegiatan tahun anggaran 2022.

Rakernis yang dilaksanakan merupakan bagian dari proses perencanaan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka menindaklanjuti hasil Rakortek yang sudah dilakukan baik antara pemerintah pusat dan daerah. Kemudian antara pemerintah daerah dan pemerintah Kab/Kota perihal sinkronisasi penetapan target indikator khususnya indikator yang ada pada Permendagri 18 tahun 2020.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini tentunya kita akan manfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka menjaring berbagai masukan, baik dari kabupaten dan kota maupun mitra kerja, sebagai langkah awal perbaikan dan penyempurnaan untuk memantapkan penyusunan program dan kegiatan tahun anggaran 2022 yang akan dituangkan dalam Rencana  Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun anggaran 2022,” terang H. Hermansyah.

“Kemudian pada kesempatan yang baik ini, kami sampaikan beberapa isu strategis di bidang Pemuda dan Olahraga, yaitu, pertama, dalam capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang telah dirilis oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI (Kementerian PPN/BAPPENAS) pada tahun 2019, bahwa IPP Kalsel peringkat terendah dari 34 provinsi se Indonesia,” tandas H. Hermansyah.

BACA JUGA:  Pengprov PBFI Kalsel Kukuhkan Kepengurusannya

“Tentunya hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melakukan upaya perbaikan peringkat IPP di daerah khususnya mengenai domain yang menjadi tanggung jawab urusan Kepemudaan dan Olahraga, sehingga hal ini juga perlu mejadi bahan pemikiran bersama dalam rapat teknis kali ini,” ucap H. Hermansyah.

”Kedua, terbatasnya lapangan kerja kita dituntut untuk mampu berwirausaha dan membuka lapangan kerja. Ketiga, terkait peningkatan prestasi olahraga yang ditandai dengan perolehan jumlah medali pada kejuaraan tingkat nasional dan internasional yang pada tahun lalu tidak dapat tercapai diakibatkan pandemi Covid-19 karena adanya penjadwalan ulang kejuaraan-kejuaraan tingkat nasional, di mana saat ini kita sedang mempersiapkan untuk PON 2021 di Papua,” ungkap H. Hermansyah.

Pelaksanaan Rakernis ini dilaksanakan dengan mematuhi dan menaati protokol kesehatan.

Editor : Ahmad Yani

L

Pos terkait