Pernak Pernik TMMD ke 111, Harapan Keberkahan Ditengah Obrolan di Warung Mbah Man

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Diusianya yang sudah mencapai 67 tahun, tangan keriput Mbah Suparman masih cukup cekatan saat menuangkan air panas kedalam gelas kaca yang ada di depannya.

Gelas berisi kopi tersebut merupakan pesanan dari salah seorang anggota TNI yang tengah beristirahat melepas lelah sembari menikmati berbagai macam aneka gorengan olahan cucu perempuan Mbah Suparman.

Hanya hitungan menit, pisang goreng, tahu isi dan tempe yang baru diangkat dari pergorengan langsung ludes tak bersisa, cucu Mbah Suparman pun dengan sigap kembali mengupas beberapa tandan buah pisang serta menuangkan satu bungkus tepung kedalam loyang untuk membuat adonan baru.


Sementara itu, gurauan serta gelak tawa dari para anggota TNI jajaran Kodim 1009/Pelaihari yang memenuhi warung sederhana milik Mbah Suparman membuat suasana yang biasanya sepi menjadi sangat ramai.
Warung tersebut dibangun Mbah Suparman sejak tahun 1987, mengingat lokasinya yang berada di pedalaman desa tentu saja pembelinya hanya warga sekitar, namun ada sesekali warga desa lain yang melintas menuju kebun juga singgah untuk membeli gorengan sebagai bekal mereka.

BACA JUGA:  Malam Jum’at Paling Laku, Begini Cerita Penjual Kembang Sudimampir

Dengan seutas senyum yang terus tersungging dibibirnya, Mbah Suparman menuturkan kehadiran anggota TNI dalam rangkaian program kegiatan TMMD Ke 111 di Desa Tanjung Kecamatan Bajuin membawa berkah tersendiri, terutama bagi dirinya beserta keluarga.
Dalam sehari biasanya hanya beberapa gelas kopi dan gorengan yang mampu mereka jual, namun dengan adanya kegiatan TMMD tersebut puluhan gelas kopi serta gorengan habis tak tersisa, apalagi pusat kegiatan sosial TMMD Ke 111 tepat berada di seberang warungnya, membuat dagangannya ludes dalama sekejap.

Terkait dengan pembukaan akses jalan tembus menuju Kabupaten Banjar yang menjadi target utama dalam kegiatan TMMD Ke 111, Mbah Suparman sangat optimis bahwa akses jalan tersebut nantinya bisa menunjang perekonomian warga yang mayoritas bekerja sebagai petani.

BACA JUGA:  Banjarmasin Resmi Miliki Kampung Banjar

Bukan hanya itu, seiring dengan berjalannya waktu dirinya juga yakin sektor pariwisata yang ada di sekitar Kecamatan Bajuin akan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.
” Setelah jalan ini selesai dikerjakan, saya yakin akan banyak sekali manfaat yang bisa di rasakan oleh masyarakat, semoga semua berjalan dengan lancar dan bisa segera rampung ” ucap Mbah Suparman.

Keberadaan warung sederhana milik Mbah Suparman mendapatkan tempat tersendiri di hati para personil TNI yang bertugas di lokasi TMMD, selain harganya yang terbilang cukup murah dan higienis, keramahan Mbah Suparman juga membuat mereka terkesan.
” Mbah Suparman dan keluarganya sangat ramah dan sopan, mereka juga baik, kalau pas ga bawa uang, kami bisa ngutang dulu disini ” ucap Serda Ami sambil tersenyum simpul.

BACA JUGA:  Pemkab Batola Akan Bangun Asrama Mahasiswa di Banjarmasin

Penulis : Tony Widodo

L

Pos terkait