Berinternet, Saring Sebelum Sharing

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan. Berdasarkan data yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tahun 2017 sudah lebih dari 50 persen penduduk Indonesia  terkoneksi internet.

“ Pada tahun 2016 masih diangka 132,7 juta  atau 51,8% pendduk Indonesia, sementara di tahun 2017 naik menjadi 143,26 atau 54,68 % “ ujar Sri Astuty, M.Si salah seorang peneliti Jaringan Penggiat Literasi Digital Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Muat Lebih

Ditambahkannya, pengguna internet di negeri ini tidak didominasi laki-laki atau perempuan, tetapi hampir seimbang, yakni laki-laki sebesar  51,43 persen dan perempuan 48,57 persen.

BACA JUGA:  Hanya Di Sini Rp 100.000 Bisa Jadi Uang Muka Umroh

Menariknya, meski pulau Kalimantan menempati urutan ke 3 pengguna terbanyak setelah Jawa dan Sumatera tetapi dalam hal penetrasi pengguna menduduki urutan pertama yakni sebesar 72,19 persen.

“ Berdasarkan penelitian yang kami lakukan di Banjarmasin dan sekitarnya penggunaan  internet untuk keperluan media sosial seperti whatapp, facebook dan instgram” terangnya saat memberikan materi pada Literasi  Digital  Sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat dengan tema Saring Sebelum Sharing.

Lebih lanjut, dosen Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ULM ini mengungkapkan berdasarkan profesi ternyata ibu rumah tangga menjadi salah satu pengguna internet terbanyak.

“ Ibu rumah tangga ternyata menepati urutan kedua setelah pekerja/wiraswasta dalah hal profesi pengguna internet terbanyak, jumlahnya sebanyak 16,60 % megalahkan mahasiswa dan pelajar” tuturnya.

BACA JUGA:  Tantangan Dakwah di Era 4.0

Sementara itu, Jimmy Silalahi dari Dewan Pers Indonesia mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih  cerdas menggunakan internet.

“ Sekarang kita harus lebih cerdas berinternet karena apa saja yang kita lakukan di sana akan memberi dampak dan hukum yang mengaturnya, pengguna media sosial harus menaat undang-undang ITE sedangkan portal berita ada undang-undang pers” ujarnya serya menambahkan lebih baiknya saring sebelum sharing.

Reporter : Edy Koesmono

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Deddy Suhendi

 

Pos terkait