Strategi Mendongkrak Implementasi Digital Payment Marketplace

  • Whatsapp

Dalam usaha pencapaian implementasi digipay pada satuan kerja mitra KPPN, perlu adanya konsep dan strategi. Seperti halnya konsep manajemen yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindaklanjut. Dengan memahami alur dari program pemerintah dimaksud, akan ditemukan titik-titik best match dengan satker. Bagaimana menyesuaikan kondisi lapangan dengan benang merah yang ada dalam program pemerintah dimaksud, berikut tahapan manajemen yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Perencanaan

Langkah pertama adalah menyusun pembagian tugas dan PIC pada masing-masing seksi serta harus dipastikan setiap PIC menguasai materi terkait digipay marketplace. Selanjutnya menyusun profil satuan kerja dengan memetakan data satuan kerja yang telah menggunakan KKP, yang telah memiliki virtual account, dan yang kemungkinan tidak dapat menggunakan marketplace. Pastikan juga dukungan dan komitmen dari KPA,PPK, dan pejabat pengadaan satker dalam menjalankan marketplace.

BACA JUGA:  UU Provinsi Kalsel Baru Disahkan Rentan Digugat ke MK

Berkoordinasi dan memastikan HIMBARA mitra juga telah memiliki tim dan kompetensi terkait penggunaan marketplace. Hal ini penting, karena pihak perbankan juga harus aktif berperan dalam mensosialisasikan penggunaan aplikasi Digipay kepada vendor.
Selanjutnya dari sisi satuan kerja, KPPN harus berkoordinasi juga dengan meminta satker mitra kerja, untuk mendata vendor yang akan didaftarkan pada sistem marketplace.

2. Pelaksanaan

Kunci sukses implementasi sistem marketplace adalah sinergi antara tim work, pimpinan satuan kerja dan pimpinan cabang HIMBARA. Kegiatan dimaksud dilaksanakan dengan menyelenggarakan berbagai bentuk kegiatan yaitu : Sosialisasi dan bimbingan teknis satker dari KPPN, Sosialisasi dan bimbingan teknis satker dari HIMBARA, Sosialisasi dan bimbingan teknis Vendor dari HIMBARA, Asistensi Intensif dengan satuan kerja, dan membuat WA Grup khusus admin marketplace.

BACA JUGA:  Pahlawan Sejati

3. Evaluasi

Sebagai tahapan ketiga dalam manajemen, yaitu evaluasi. Hal ini sangat penting untuk diterapkan disetiap pelaksanaan kegiatan, karena dari hasil evaluasi dapat dimonitor perkembangan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan untuk perbaikan.
Monitoring dan evaluasi atas perkembangan pelaksanaan marketplace digipay dapat dibuat report secara minggua, bulanan dan triwulanan. Dari hasil monitoring dan evaluasi dapat diketahui progress perkembangan pelaksanaan marketplace yang ada pada satker, begitu juga dapat diketahui kelemahan atau kendala yang dihadapi baik dari sisi vendor maupun dari sisi perbankkan.

Beberapa kendala yang disampaikan vendor dari hasil monitoring dan evaluasi, yaitu:
• Untuk mengupload katalog produk memerlukan waktu yang lama, mengingat jumlah produk yang dimiliki vendor sangat banyak
• Sebagai vendor kecil merasa enggan untuk didaftarkan di marketplace karena keterbatasan penggunaan teknologi.

Pos terkait