Strategi Mendongkrak Implementasi Digital Payment Marketplace

  • Whatsapp

Sumber Data: Laporan Penggunaan Uang Persediaan Melalui Transaksi Sistem Marketplace dan Digital Payment pada KPPN Pelaihari Periode bulan Otober 2021
Kesuksesan implementasi marketplace digipay tidak terlepas dari sinergi dan koordinasi dari berbagai pihak, mulai KPPN, satker, vendor (UMKM) maupun pihak perbankan. Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan supaya tujuan strategis dari implementasi marketplace digipay, mewujudkan ekonomi digital dalam memperkuat daya saing ekonomi daerah dapat tercapai. Keterlibatan dari pihak perbankan sepertinya masih perlu ditingkatkan, karena perbankan seharusnya menjadi pengerak dalam memberikan dukungan dalam peningkatan kualitas infrastruktur serta sosialisasi ekonomi digital, khususnya digipay kepada para vendor yang sebagian besar adalah UMKM.

Disamping harus sering membiasakan diri melakukan transaksi menggunakan digipay marketplace pihak satuan kerja pengelola dana APBN juga harus turut aktif dalam mendaftarakan vendor (UMKM) langganannya untuk menjadi bagian dari marketplace digipay. Sedangkan dari pihak Vendor yaitu UMKM sendiri juga diharapkan untuk lebih terbuka terhadap budaya transaksi digital dan non tunai, agar marketplace digipay dapat diimplementasikan serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA:  Akuntabilitas dan Transparansi dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah

Referensi:
Slide Implementasi Sistem Digital Payment – Marketplace Belanja Pemerintah, Direktorat Pengelolaan Kas Negara

Slide Sharing Experience Penggunaan Marketplace dan Digital Payment, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Singaraja

Penulis :
Nanang Dwi Wahyudi
Kepala Subbagian Umum KPPN Pelaihari

Pos terkait