Strategi Mendongkrak Implementasi Digital Payment Marketplace

  • Whatsapp

Dari sisi perbankan, marketplace juga mempunyai manfaat, antara lain:

1. Pasar baru untuk penyalur Kredit. Dengan vendor yang semakin banyak menjadi nasabah perbankan, perbankan Himbara memiliki peluang untuk menyalurkan dana kredit ke vendor dengan mempertimbangkan reocord vendor pada transaksi digipay.
2. Perluasan layanan bagi targeted segment, dengan menyalurkan pembayaran ke vendor secara otomatis layanan perbankan ke nasabah menjadi lebih luas dan mudah untuk meningkatkan target-target produk layanan yang dipasarkan.
3. Sebagai penyalur pembayaran atas transaksi belanja dengan digipay, pihak perbankan (Himbara) yang menjadi penyalur atas transaksi belanja antara satuan kerja dengan vendor, secara tidak langsung akan menjadi brand sebagai mitra pemerintah.
4. Membentuk ekosistem ekonomi yang lebih terintegrasi, perbankan bisa membangun ekosistem ekonomi dengan vendor diwilayah pembayaran dengan mudah karena memiliki nasabah yang selalu terkoordinasi.

BACA JUGA:  Perjuangan Melawan Virus Corona Bagi Kaum Penyandang Disabilitas

Sedangkan bagi Vendor atau penyedia barang dan jasa, keberadaan marketplace mempunyai manfaat, antara lain:

1. Menjadikan pembayaran lebih pasti dan cepat. Vendor memiliki kepastian waktu pembayaran terkait transasksi belanja barang/jasa yang dilakukan oleh satuan kerja.
2. Memberikan peluang menjadi rekanan di banyak satker. Dengan aplikasi digipay, produk yang ditampilkan akan dapat dilihat oleh semua satuan kerja yang sudah terdaftar/menggunakan aplikasi digipay. Sehingga hal tersebut secara langsung memberikan media untuk mengiklankan produk ke semua satker dan memberikan peluang bagi vendor untuk dapat dijadikan rekanan oleh satker.
3. Tersedianya fasilitas pembiayaan dari bank (Bankable dan collateral. Sebagai nasabah yang aktif melakukan transasksi keuangan pada pihak perbankan, vendor akan menjadi lebih dipercaya oleh pihak perbankan dalam memberikan fasilitas pinjaman/kredit.

BACA JUGA:  Dhuafa tak Boleh Bersuara

Kondisi pandemi saat ini, banyak daerah yang mengalami koleps dibidang perekonomian (PAD rendah) sehingga banyak pemeritah daerah yang berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan dana. Sebagai instansi vertikal pengelola APBN, hendaknya berusah meingkatkan perekonomian masyarakat setempat dengan cara mengiatkan belanja negara. Hal ini akan menunjukan peran satker pengelola APBN sebagai agent pengadaan untuk membangkitkan kembali perekonomian di daerah dengan mengoptimalkan peran UMKM melalui penggunaan digipay marketplace.

Pos terkait