logo wartaniaga

Ketua PWI Kalsel : Wartawan Harus Profesional

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan meninta anggotanya menjunjung tinggi  kode etik yang berlaku dan profesional dalam  menjalankan tugas kewartawanan.  

Hal inilah yang diungkapkan Ketua PWI Kalimantan Selatan Zainal Helmi disela-sela kegiatan buka puasa bersama PWI Provinsi Kalsel dan Mitra kerja, di gedung PWI Kalsel, Jalan  Pangeran  Hidayatullah, Kelurahan  Banua Anyar, Banjarmasin, Sabtu (1/6).

Menurutnya, wartawan  harus mempunyai komitmen  dan profesioanl l serta bermartabat dalam menjalankan tugas sesuai kaidah kode etiknya. Selain itu,  PWI juga akan mengatur dan memberlakukan kode etik perilaku wartawan.

“Wartawan semestinya  menggunakan pakaian dengan sopan apabila bertemu pejabat atau narasumber,  jangan lagi pakai sendal dan perilakulah baik. Itu nantinya juga akan diatur  dalam kode etik perilaku,” tuturnya.

BACA JUGA:  Nuriyah Wahid Ajak Rajut Kembali Rasa Kebangsaan

Disamping itu, Helmi berharap semua wartawan yang belum mengikuti Uji Kompetisi Wartawan (UKW) dapat mengikutinya melalui organisasi dimana mereka beranuang.

“ Agar wartawan memiliki kompetensi dan profesional, diharapkan mengikuti UKW,baik itu yang berasal dari PWI, Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI) ataupun Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI)” katanya

Dikatakannya, saat ini anggota PWI Kalsel yang aktif sebanyak 300 orang dan sudah ada 275 anggota yang telah mengikuti UKW dari 9 kali ujian.

Sementara itu, Sekda Kalsel, Abdul Haris Makkie mengatakan kegiatan buka puasa bersama ini bukan saja sebagai sarana silaturahmi tetapi saling  memberikan masukan demi kemajuan pembangunan di daerah Kalsel.

“Kami sangat terbuka dengan media  apabila mereka memberikan masukan terhadap pembangunan yang sesuai aturan dan  tugas pemerintahan agar pembangunan di Kalsel berjalan lancar dan baik,”ucapnya.

BACA JUGA:  PKL Siring Menara Pandang Keberatan Soal BSF

Dirinya meminta  media agar selalu mengiring pembangunan yang dilakukan pemerintah “ Kita   seiring sejalanlah,  dalam melaksanakan tugasnya masing-masing  demi kemajuan  pembangunan Kalsel” tandas Haris.

Reporter : Fathur Rahman

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Fathur Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *