Dewan Himbau Masyarakat Bijak Berbelanja di Bulan Puasa

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- DPRD kota Banjarmasin meminta masyarakat Banjarmasin untuk bijak membelanjakan uanganya pada bulan puasa. Ketua Komisi II, DPRD Kota Banjarmasin, Bambang Yanto Permono menghimbau  agar menjaga  pola hidup hemat  dan tidak konsumtif membelanjakan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

“Manusiawi apalagi dibulan suci ini banyak orang yang  ingin berbuka membeli makanan ini dan itu untuk memenuhi selera makanannya, namun kami menyarankan agar tidak berlebihan, beli seperlunya saja”ujarnya kepada wartaniaga.com diruang komisi II gedung DPRD Kota Banjarmasin, Selasa (21/5).

Muat Lebih

BACA JUGA:  Tips Menyajikan Makan Sahur yang Tepat
Bambang Yanto Permono
Muhammad Isnaini

Diakuinya, prilaku belanja masyarakat pada bulan puasa cendrung meningkat, untuk itulah komisi yang membidangi ekonomi ini  mengajak masyarakat  bijak berbelanja agar inflasi juga terjaga. “ Inflasi pada bulan Ramadhan juga ikut naik disebabkan konsumsi masyarakat juga naik” ucap politisi Demokrat ini.

Selain itu, katanya dengan menjaga pola belanja tidak yang tidak berlebihan akan berpengaruh terhadap kesehatan.

memang kita ini setiap memasuki bulan Ramadhan perilaku masyarakat sering berlaku konsumtif atau berlebihan berbelanja dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Jagalah kesehatan, tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan, mengingat di bulan puasa juga kadang  waktu untuk tidur dan istirahat berkurang.  Godaan hawa nafsu memang banyak untuk berbuka dengan berbagai jenis makanan, tapis justru bulan ini waktunya kita belajar mengendalikan hawa nafsu” terngnya.

BACA JUGA:  Menjual Ciri Khas, Cara Menarik Pelanggan ala Rumah Makan

Sementara itu  Anggota Komisi II, DPRD kota Banjarmasin Muhammad Isnaini menilai meningkatnya kosumsi masyarakat di bulan puasa karena rasa gembira dengan datangnya bulan suci yang setiap setahun sekali ini.

Namun demikian Isnaini mengharapkan masyarakat membeli keperluan sehari-hari berdasarkan kebutuhan buka keinginan.

“Cukup berdasarkan kebutuhan saja, jangan menimbulkan keborosan lebih baik di bulan suci ini meningkatkan sedekah, membantu orang-orang yang kurang mampu” katanya.

Untuk itu, sambungnya momentum dibulan suci yang penuh berkah ini hendaklah digunakan sebaik-baiknya sesuai anjuran agama. “ Tingkatkan ibadah, bukan kita meningkatkan konsumsi belanja yang seringkali menjadi mubajir” saran politis Gerindra ini.

Baginya dalam berbelanja keperluan puasa dan lebaran janganlah berlebihan apalagi dipaksakan dengan segala pakaian dan perlengakapan baru. “ Menyambut lebaran juga, tidak perlu dipaksakan segela baru, seperlunya saja karena nilai keIslaman dan keimanan kita tidak dihitung dari pakaian tersebut” paparnya.

BACA JUGA:  Bisnis Startup Banua Kurang Inovatif

Reporter : Fathur Rahman

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Fathur Rahman

Pos terkait