Loading...
3 views

Saatnya UMKM Banua Gunakan Aplikasi

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Perkembangan start up dan bisnis online kian hari semakin berkembang, tidak terkecuali di Banua. Sayangnya, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masih mengggunakan  media sosial dalam memasarkan produknya.

Ahmad Sabar, Direktur PT. Retroo Internasional, Banjarmasin menilai sudah saatnya pelaku usaha baik itu UMKM atau pengusaha  di Banua menggunakan teknologi dalam mengembangan usahanya.

“ Miliki website dan aplikasi untuk memperluas pemasaran produk anda, ini sudah saatnya, jika tidak maka kita akan ketinggalan” kata pemilik perusahaan pembuat aplikasi dan website ini.

Menurutnya, pelaku usaha Banua masih menganggap membuat aplikasi memerlukan biaya yang besar. Padahal, tambahnya biaya pembuatan aplikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. “ Hasil dan manfaat yang diperoleh pasti lebih besar dibanding biaya yang dikeluarkan” ujar Sabar

BACA JUGA:  Pilwali Banjarmasin, PKS Dorong Ibnu Sina 2 Periode

Selain mampu memperluas pemasaran, memiliki aplikasi sendiri akan meningkatkan value ( nilai,red) terhadap produk dan usaha.

Value sebuah produk dan usaha juga dapat tergambar dari fasilitas yang dimiliki, aplikasi menjadi nilai tambah bagi sebuah produk. Jadi di tengah persaingan saat ini, jika kita tidak mau mengikuti perkembangan teknologi, maka siap-siaplah untuk ditinggalkan” jelasnya.

Apa yang diungkapkannya ini bukan tanpa alasan, ratusan aplikasi dan website yang telah dibuatnya rata-rata dipesan oleh orang luar daerah.

“ Pemesan aplikasi di perusahaan kami rata-rata dari  luar Kalsel, mulai dari Jawa, Sumatera, Sulawesi dan bahkan luar negeri” paparnya seraya menambahkan hanya 15 persen lebih dari ratusan aplikasi yang dibuatnya dipesan oleh orang Banua.

BACA JUGA:  Cerita Rasul, Pedagang Es yang Menjadi Anggota DPRD HSS

Meihat kondisi ini, dirinya berharap ada motivasi dan dukungan  dari pemerintah agar pelaku usaha khususnya UMKM melek terhadap teknologi. “ Pemkot Banjarmasin punya program mencetak ribuan wirausaha baru, ada baiknya mereka juga difasilitasi teknologi aplikasi sebagai pendukungnya” terang pria yang selalu tampil sederhana ini.

Loading...

Soal kualitas, PT Retroo Internasional menjamin kualitas aplikasi buatannya tidak kalah dengan perusahaan lain. “ Alhamdulillah kami telah membuat ratusan aplikasi, ini membuktikan kualitas dan teknologi yang kami kembangkan tidak kalah dengan yang lain. Pendek kata, kami hadir dari Banua untuk Indonesia” pungkasnya.

Penulis : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *