Rumah Zakat Luncurkan Gerakan Gelombang Wakaf

Wartaniaga.com,Jakarta- Sebagai bentuk komitmen terhadap visi menjadi filantropi zakat, infak dan sodhoqah (Ziswaf)  Rumah Zakat  meluncurkan program Gerakan Gelombang Wakaf. Gerakan ini merupakan respon dari data yang dikeluarkan Badan Wakaf Indonesia yang menyebutkan bahwa potensi wakaf uang di Indonesia mencapai  Rp 180 triliun.

Menurut  CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, dari ratusan triliun itu masih sedikit yang dimanfaatkan secara produktif. “Wakaf uang yang  dimanfaatkan baru mencapai Rp 400 Milyar” ujarnya disaat konfrensi pers, di Jakarta, Selasa (12/2).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Ditambahkannya, hal tersebut dilatarbelakangi  minimnya edukasi wakaf di Indonesia dan  masyarakat hanya mengenal wakaf dalam bentuk harta tidak bergerak saja berupa wakaf tanah dan bangunan.

“ Pada  aturannya, wakaf bisa berbentuk uang, emas, mobil, dan barang lainnya yang bisa digunakan untuk kepentingan sosial, bahkan apabila wakaf dikelola dengan baik oleh lembaga wakaf atau nazhir, hasil dari wakaf produktif tersebut bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia” jelasnya.

Oleh karena itu, sambung Efendi, fokus kampanye Gerakan Gelombang Wakaf memberikan edukasi dan keterlibatan masyarakat dari berbagai kalangan yang dimulai dari generasi milenial terhadap program wakaf.

“Rumah Zakat akan mengedukasi masyarakat melalui seminar di seluruh Indonesia dan aktivasi melalui media sosial. Selain itu juga membentuk komunitas wakaf yang bertujuan untuk melibatkan generasi milenial yang jumlahnya kurang lebih 40% dari total penduduk Indonesia secara langsung dalam proses pelaksanaan wakaf,” katanya

Dirinya mengungkapkan, potensi wakaf sangat besar mengingat wakaf tidak ada nisab seperti zakat sehingga setiap orang dapat berkontribusi membangun Indonesia melalui wakaf.

“Wakaf memiliki peluang besar untuk dapat dijadikan sebuah sumber yang mengahasilkan produktivitas bagi masyarakat. Rumah Zakat telah membuktikan ini dalam kiprahnya selama 20 tahun dan mampu memberdayakan 30 juta penerima layanan manfaat, 18 Sekolah, 8 Klinik dan 1295 Desa Berdaya” paparnya

Rilis Rumah Zakat

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Rumah Zakat

Pos terkait

banner 468x60