Stok Pupuk Bersubsidi Dipastikan Aman

Abdul Khalik, Superintendent Pemasaran PT Pupuk Kaltim wilayah Kalselteng

Wartaniaga.com,Banjarmasin- PT Pupuk Kaltim wilayah Kalselteng menjamin ketersedian pupuk di kedua provinsi ini aman. Hal ini diungkapkan, Abdul Khalik, Superintendent Pemasaran PT Pupuk Kaltim wilayah Kalselteng, kepada sejumlah wartawan, di Banjarmasin, Rabu (13/2).

Menurutnya, untuk musim tanam tahun ini pihaknya telah menyiapkan stok diseluruh gudang penyimpanan yang tersebar diberbagai wilayah Kalselteng. “ Selain pupuk yang sudah tersedia di gudang, saat ini masih ada proses pembongkaran dibeberapa pelabuhan” katanya.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Tercatat, hingga saat ini Pupuk Kaltim telah melakukan bongkar di pelabuhan Trisakti Banjarmasin melalui kapal Niaga 56 sebanyak 2.000 ton urea subsidi dan 1.000 ton NPK Phonska. Sedagkan kapal Mutia Ladjoni mengangkut 2.648 ton urea subsidi dan 770 ton NPK Phonska.

Bukan itu saja, guna mengantisipasi perubahan cuaca yang tidak menentu dan mempermudah pendistribusian, PT Pupuk Kaltim juga telah menyiapkan stok di Batulicin  dengan pengiriman menggunakan Kapal Zafa Prima Setia sebanyak 550 ton urea subsidi serta 3.120 ton NPK Phonska di pelabuhan Sampit, Kalteng dengan menggunakan KM Bahar Mas.

Khalik mengungkapkan pendistribusian pupuk bersubsidi telah diatur pemerintah melalui kementerian pertanian dan perdagangan.

“ Permentan RI Nomor 47 tahun 2018 mengatur tentang alokasi dan harga eceran tertinggi (HET), sedangkan Permendag RI Nomor 15 tahun 2013 mengatur tentang pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi sektor pertanian” jelasnya

Dikatakannya, berdasarkan peraturan itu, petani yang akan mendapatkan pupuk bersubsidi adalah mereka yang tergabung dalam kelompok tani dan terdaftar di Rencana Difinitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Petani.  “ Pupuk bersubsidi ini hanya untuk petani yang tergabung dalam kelompok tani dan jumlahnya sudah terekap dengan baik di RDKK” ucapnya.

Untuk itu, Khalik menghimbau kepada petani untuk tidak khawatir meskipun permintaan nantinya akan tinggi saat musim tanam. ” Kami jamin stok aman karena pengiriman kami sudah terjadwal dan ketersediannya juga mencukupi” tuturnya

Bahkan,  pihaknya telah menyiapkan 11 distributor dan 473 kios resmi yang tersebar diseluruh wilayah Kalselteng guna membantu penyalurannya. “ Selain berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perdagangan Kabupaten/ kota, kita juga  telah menyiapkan 7 distributor dan 328 kios di Kalsel dan di Kalteng ada  4 distributor serta 145 buah kios” papar Khalik.

Penulis : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Pos terkait

banner 468x60