Rosmaya Perkenalkan QRIS ke Pedagang Pasar Terapung

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Sejak diperkenalkan pada 17 Agustus yang lalu oleh Bank Indonesia, Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesia Standard (QRIS) sudah dapat digunakan. Meskipun implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020, guna memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP

Terbukti,  Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi  sudah  dapat menikmati kemudahan bertransaksi menggunakan QRIS di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Muat Lebih

BACA JUGA:  Perkenalan Aplikasi, Appindo Ikuti Syariah Expo 2019

“Peluncuran QRIS merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu.  Namun, sejak peluncurannya di Kalsel, QRIS terus diupayakan untuk dapat diaplikasikan di merchant-merchant barang dan jasa yang masih menggunakan multi aplikasi QR code dalam metode pembayarannya” ujarnya di Banjarmasin, Jum’at (13/9).

Dirinya  juga turut menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan kegiatan kas keliling Terapung yang merupakan cirri khas dari Kalsel dan tidak hanya e-klotok saja, namun juga pembayaran kopi yang dijual di atas klotok wisata.

Selain itu, pembayaran melalui QRIS dapat dilakukan untuk transaksi dengan ragam penjual yang menggunakan jukung (perahu berdayung) serta transaksi wadai (kue) khas banjar. Hal ini tentunya merupakan bentuk digitalisasi dan modernisasi transaksi yang akan meningkatkan daya tarik pariwisata susur sungai di Kalimantan Selatan.

BACA JUGA:  Paman Yani Soroti Pajak Air Permukaan Kabupaten Batola

“ Diharapkan kedepannya, metode pembayaran menggunakan QRIS dapat terus berkembang di Kalimantan khususnya di Kalsel.  Apalagi didukung dengan sinergisitas Potensi Pariwisata yang merupakan pertanda baik bagi pertumbuhan ekonomi kita,” ujar Rosmaya Hadi.

QRIS tidak memerlukan modal besar dalam penggunaannya, aplikasinya pun sudah dikenal luas dimasyarakat, contohnya Link Aja, Go Pay, OVO, Dana dan lain-lain.  Yang mana seluruh aplikasi dimaksud sudah sepenuhnya didukung oleh ponsel pintar masa kini.  Hal ini tentunya tercermin dari semboyan QRIS yakni UNGGUL ( UNiversal GampanG Untung dan Langsung ), yang bertujuan mendorong efisiensi transaksi untuk mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Reporter : Edhy Dharmawan

BACA JUGA:  Banjir Melanda Banua 6, Pertamina Suplai LPG dari Kaltim

Editor : Didin Ariyadi

 

 

Pos terkait