Tertibkan Pajak Kendraan, 3 Instansi Lakukan Rajia Gabungan

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Kotabaru – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Kotabaru bersama Satlantas Polres Kotabaru dan Jasa Raharja menggelar rajia gabungan guna menertibkan pajak kendaraan bermotor, Selasa (23/10).

Kepala seksi PKB/BBN-KB Samsat Kotabaru H Tasman, mengatakan kegiatan ini dalam rangka menertibkan pajak STNK dan SIM bagi pengguna roda empat dan roda dua di wilayahnya.

Muat Lebih

“ Rajia ini kami berlakukan ke semua pemilik kendaraan, bukan saja masyarakat tetapi juga instansi pemerintah agar memiliki kesadaran untuk melengkapi dan memenuhi kewajiban pembayaran pajak kendaraan bermotor” katanya.

BACA JUGA:  Perikanan Jadi Sektor Prioritas Ekonomi Baru Kalsel

Selain itu, berdasarkan SK gubernur Kalsel pada tahun ini ada pemotongan dan pemutihan pajak sehingga masyarakat dapat memanfaatkan itu.

“  Kendaraan tahun 2014 ke bawah ada pemotongan pajak sebesar 50 %  dan dendanya dihapuskan sedangkan tahun 2015 sampai 2019 tidak ada pemotongan tetapi dendanya dihapuskan” terang tasman.

Kegiatan ini, ujar Tasman telah dilakukan sejak Agustus yang lalu dan akan berakhir di Desember nanti.

“ Rajia kita lakukan sebulan 2 kali sejak Agustus yang lalu, Alhamdulillah tingkat kesadaran masyarakat Kotabaru sudah meningkat, tercatat pengajuan pembayaraan dan perpanjangan STNK meningkat” jelasnya seraya menambahkan pihaknya juga menyediakan loket keliling agar mempermudah masyarakat untuk membayar pajaknya.

BACA JUGA:  Respon Banjir di Kintap, Rumah Zakat Salurkan 80 Paket Superqurban

Sementara itu, kepala Jasa Raharja Unit Kotabaru, Surya Hadi Siswanto menjelaskan, dengan adanya kegiatan rajia gabungan ini tentu juga berdampak terhadap pembayaran asuransi Jasa Raharja

Pada kesempatan ini dirinya juga menghimbau agar masyarakat lebih tertib dalam berlalu lintas. “  Tertib memenuhi kewajiban membayar pajak diharapkan juga bisa tertib berlalu lintas untuk menghindari kecelakaan lalulintas” tuturnya.

Dirinya juga memaparkan, pihak Jasa Raharja akan memberikan santunan jika pajak kendaraan bermotor telah dipenuhi.

“Contohnya seperti luka luka akan kita berikan dana santunan jaminan dirumah sakit sebesar 20 juta rupiah dan korban yang meninggal dunia kita berikan santunan maksimal 50 juta rupiah dengan persyaratan telah memenuhi kewajiban pajak kendaraannya” ungkap Surya.

BACA JUGA:  Kapolres Ingatkan Anggotanya Tentang Hoax

 

Reporter : Zainuddin

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Zainuddin

L

Pos terkait