Ingin Sukses Berbisnis, Catat Prinsip Berikut Ini !

  • Whatsapp
Coach Abi Darwis

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Anggapan banyak orang bahwa memulai bisnis harus dengan modal yang besar tidak sepenuhnya tepat. Bahkan, hanya dengan bermodalkan konsep yang baik seseorang sudah dapat memiliki bisnis. Demikian dikatakan oleh Coach Bisnis Abi Darwis dalam sebuah sharing bisnis bertajuk Berubah atau Punah  yang diadakan di Banjarmasin, selasa(5/12).

Menurutnya, modal utama seorang pebisnis itu adalah maindset (pola pikir,red) dan mampu membaca pasar bagi produk atau jasa yang akan dijual.

Muat Lebih

“ Modal uang itu nomor  kesekian, yang utama adalah bagaimana maindset dulu. Apakah sudah memiliki pola pikir yang akan mendatangkan opportunity ( peluang) besar dan akan memiliki pasar yang luas” ujar Executive Direktur Multazam Institute ini.

BACA JUGA:  Muhaimin : Berbagilah agar Sukses !

Jika pola pikirnya sudah terbentuk, maka akan mudah membaca peluang bisnis. “ Prinsipnya miliki dulu maindset  sebagai modal awal  berbisnis” katanya

Pemilik Darwis Store Hijab & Fashion ini juga menambahkan selain  mainset, seorang pebisnis juga harus bisa membuat konsep bisnis  bagus yang dapat  menjadi solusi bagi banyak orang, karena sesungguhnya bisnis itu adalah jualan masalah.

Coach Abi Darwis bersama sejumlah pengusaha saat sharing bisnis di salah satu hotel di Banjarmasin.

“ Selama kita bisa mengurai masalah-masalah yang terjadi dimasyarakat itu pasti ada peluang. Ojek online misalnya dengan hanya bermodalkan aplikasi menjadi solusi bagi masyarkat untuk transportasi yang mudah serta murah” tambah pendiri Ibunda Holistic Center ini.

Bagi owner jaringan toko Elzatta dan Dauky ini bisnis bukan asal buka tetapi harus menentukan pasarnya dulu. “ Percuma buka bisnis dengan modal banyak tetapi tidak ada market , tentukan dulu  pasarnya pasti bisnis anda akan berkembang” ungkanya

BACA JUGA:  Bukukan Omset Rp. 8 M, GTF 2018 Lampaui Target

Meski demikian, menurut pemilik Platinum Fitnes Center ini setelah berjalan bisnis harus dikelola dengan keilmuan yang mempuni sehingga dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat sekarang ini. “ Kelola bisnis anda dengan saintice  agar berkembang dan mampu bertahan ditengah persaingan  yang serba kompetitif sekarang ini “ tuturnya.

Sementara itu, panitia penyelenggara,  H Hairian Murwandi mengatakan, salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah goal ( tujuan,red) dan data. “ Seorang pebisnis harus memiliki tujuan yang jelas, apa yang ingin dicapainya, tentukan target yang ingin diraih “ ujar pria yang lebih akrab disapa H Iwan ini.

Selain itu menurut Direktur The Royal Al-Fath ini membangun dan memiliki data konsumen sangat perlu bagi seorang pebisnis jika ingin omsetnya selalu meningkat.

BACA JUGA:  Sungai Bagian Historis, Budaya dan Karakter Masyarakat Banjar

“ Data yang akurat akan dapat menentukan langkah bisnis anda,sebaliknya jika anda tidak memiliki data bisa dipastikan bisnis anda juga akan berjalan lambat atau bahkan mati, maka satu-satunya cara anda harus mengubah cara berbisnis anda ” ujar H Iwan yang juga Ketua Hipmi Kota Banjarmasin ini.

Reporter : ***

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Pos terkait