Bulan Maulid Pengaruhi Harga Gabus

  • Whatsapp

wartaniaga.com,Banjarmasin- Semarak perayaan Mualid Nabi Muhammad SAW yang banyak diselenggaran masyarakat rupanya memberi keuntungan tersendiri bagi pedagang ikan di Banjarmasin dan sekitarnya. Betapa tidak, kebutuhan akan lauk khususnya ikan gabus (haruan,red) juga semakin meningkat.

Salah seorang pedagang gabus di kawasan pasar Lama Banjarmasin, Siti Rahmah  menuturkan dalam sehari dirinya mampu menjual hingga 150 kg yang biasanya hanya separonya saja.

Muat Lebih

“ Banyak orang yang membeli haruan untuk keperluan maulid,  pada bulan-bulan biasa saya hanya menjual tidak lebih dari 100 kg tetapi dalam seminggu ini selalu lebih” ujarnya kepada wartaniaga.com

BACA JUGA:  Sedapnya Gado-Gado Surabaya Ayomi, Mau Mencoba ?

Diungkapkannya, saat ini harga ikan yang menjadi salah satu kesukaan masyarakat Banjar ini naik hingga mencapai 100 persen.

“ Dua  bulan yang lalu harganya masih sekitar Rp 25.000 sampai Rp. 35.000 perkilonya tetapi sekarang sudah Rp. 55.000 hingga Rp. 65.000 per kg” katanya seraya menambahkan ukuran yang besar akan mempengaruhi harga ikannya.

Sementara itu, Zulkifli, pedagang ikan di pasar Kalindo jalan Belitung Darat Banjarmasin juga mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, sudah hampir satu bulan ini pasokan ikan gabus dari Samarinda tidak banyak lagi dan ini menjadi salah satu penyebab harganya naik.

“ Sebulan ini pasokan ikan gabus dari Samarinda berkurang, inilah penyebab naiknya harga” ujar lelaki yang sudah berjualan ikan selama 20 tahun ini.

BACA JUGA:  Setelah Direnovasi, Retribusi Pasar Tungging Naik Lebih 100 Persen

Dirinya juga tidak menampik jika perayaan Mualid meningkatkan permintaan pasar yang juga turut menaikan harga ikan gabus. “ Permintaan yang meningkat dikarenakan banyaknya masyarakat merayakan Maulid Nabi juga ikut menaikan harga, selain dari pasokan yang sedikit tadi” terangnya.

Reporter : Edhi Darmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Edhi Darmawan

Pos terkait