Pasokan Kurang, Harga Ikan Naik

  • Whatsapp
Aktivitas perdagangan ikan di pasar Kalindo Banjarmasin

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Kurangnya pasokan ikan dari para nelayan dan pengepul mengakibatkan harga ikan meningkat.  Kenaikan ini banyak terjadi pada ikan laut yang hingga mencapai 20 % dari bulan sebelumnya.

Aswiah, Salah seorang pedagang ikan di pasar Kalindo Banjarmasin mengungkapkan kenaikan ini diakibatkan sedikitnya pasokan ikan khususnya ikan laut. “ Sudah beberapa hari ini pasokan ikan dari Banjar Raya ( tempat berkumpulnya nelayan, red) tidak banyak” ujarnya, senin (17/7).

Muat Lebih

Sebelumnya harga udang kecil yang hanya Rp. 40.000 per kilo kali ini naik sampai Rp 50-60 ribu perkilonya. Begitu pula ikan Peda, Tongkol dan Bawal juga mengalami peningkatan dari sebelumnya rata-rata Rp. 30.000- 40.000 per kilo menjadi Rp. 35-50 ribu per kilonya.

BACA JUGA:  Wow, Ada Cempedak Berbobot 7 Kg

Namun berbeda dengan ikan sungai dan tambak yang harganya cendrung stabil dan tidak mengalami peningkatan signifikan. Menurut salah seorang pedagang yang tidak mau disebutkan namanya untuk ikan haruan (gabus), nila dan patin harganya tidak mengalami kenaikan.

“ Iwak  haruan  harganya tidak mengalami kenaikan tinggi paling seribu sampai tiga ribu saja perkilnoya, begitu pula ikan patin dan nila yang pasokannya stiap hari banyak sekal i” jelasnya.

Reporter : ****

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Pos terkait