Pertumbuhan Ekonomi Kalsel Naik 5,2 Persen

  • Whatsapp
Wagub Kalsel, Rudy Resnawan membuka secara resmi Musda XIV Hipmi Kalsel

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan hingga triwulan kedua 2017 ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni 5,2 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 4,7 persen. Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Hipmi XIV Kalsel, Kamis, (7/9) di Banjarmasin.

Menurutnya, target pertumbuhan ekonomi yang ingin dicapai Pemprov pada tahun  2017 ini adalah 5,6 persen naik  dari tahun 2016 yang dipatok 4,7.

Muat Lebih

“ Alhamdulilah pada triwulan  kedua tahun ini pertumbuhan ekonomi kita sudah mengalami kenaikan dan kami yakin target yang diinginkan pada tahun bias tercapai” ujarnya

BACA JUGA:  Twokang, Petik Berkah dari Palet Kayu

Lebihlanjut, Rudy juga menuturkan pemprov tidak lagi bertumpu pada sumber daya alam, namun akan mengolahnya menjadi bahan jadi sehingga memiliki nilai jual lebih besar.

“  Prioritas  ekonomi kita nantinya bukan lagi pada sumber daya alam, tetapi bagaimana mengolah menjadi bahan jadi atau setidaknya bahan jadi agar memiliki nilai jual yang lebih” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum BPP Hipmi, Bahlil Lahadalia menuturkan pertumbuhan ekonomi akan semakin baik jika ditopang dengan banyaknya pengusaha. Dan Hipmi adalah salah satu organisasi  yang harus berperan.

“ Saat ini baru 1,6 persen penduduk Indonesia yang menjadi pengusaha, angka ini masih jauh jika dibandingkan dengan jumlah penduduk kita saat ini “ ujarnya

BACA JUGA:  Musda XIV HIPMI Kalsel. 52 Suara Diperebutkan Kandidat

Baginya, pertumbuhan ekonomi akan semakin  baik jika terdapat 2 persen lebih penduduk Indonesia berprofesi menjadi pengusaha. “ Kita masih memerlukan 5,6 juta untuk menjadi pengusaha” ungkapnya saat menyampaikan sambutan di Musda XIV Hipmi Kalsel.

Saat ini , menurut mantan Ketua Hipmi Papua ini 54 % penduduk Indonesia berusia produktif, dengan demikian jika mereka menjadi pengusaha, maka target untuk memiliki pengusaha sebanyak 2 persen lebih dari jumlah penduduk bisa tercapai.

“ Hipmi terus mengajak pemuda Indonesia untuk berwirausaha, mengingat 54 persen penduduk kita saat ini berusia produktif, maka kesempatan untuk memiliki 2 persen pengusaha dari jumlah penduduk bisa direalisasikan” tuturnya seraya menambahkan dengan demikian akan mambu membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

BACA JUGA:  PT. Conch Diminta Buat Jalan Sendiri

Reporter : NH Fikri

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Nh Fikri

 

Pos terkait