Bagi Pengusaha Pemula, Lakukan Ini Agar Bisnis Berkembang

  • Whatsapp
Seminar bisnis : Salah satu sarana bagi pengusaha pemula mendapatkan ilmu

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Ketertarikan pemuda pada wirausaha dan bisnis dewasa ini semakin meningkat. Berbagai bidang usaha mulai dari kuliner, jasa, proferty, fashion sampai start up sudah di isi oleh kaula muda. Namun semangat itu harus dibarengi dengan pengetahuan agar mampu mencapai kesuksesan yang diharapkan.

Menurut, H Deddy Subiantoro, Bendahara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Banjarmasin, menjadi pengusaha khususnya pemula memang perlu banyak belajar dan bahkan tidak sedikit dari mereka yang gagal. Untuk itu pemilik Tropis Group dan Vistra Utama ini membagikan tips bagaimana memulai bisnis agar mampu bertahan dan berkembang.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Tahun Depan, Bisnis Properti Diperkirakan Cerah

Pertama, fokus, kesalahan yang paling banyak di lakukan oleh wirausaha pemula ialah tidak fokus. “ Kebanyakan pengusaha pemula mengambil semua peluang bisnis yang ada tanpa memperhitungkan perkembangan usaha kedepannya, alangkah baiknya jika fokus terhadap satu usaha terlebih dahulu” ujarnya.

Deddy Subiantoro, Bendahara Hipmi Kota Banjarmasin

Berikutnya, Deddy juga menuturkan perbanyak membangun jarigan agar usaha dapat lebih dikenal dan dapat menimba ilmu dari komunitas.

“ Saat ini banyak sekali komunitas pengusaha, ini merupakan jaringan yang perlu dimasuki agar dapat saling sharring dan berbagai ilmu bagaimana mengembangkan usaha” tutur pria yang suka berolahraga ini.

Keuntungan lain dari berkomunitas, sambungnya adalah dapat terciptanya pasar bagi produk kita dan bukan tidak mungkin akan menemukan rekan bisnis atau investor jika usaha memerlukan modal lebih.

BACA JUGA:  Memantik Semangat Wirausaha setelah Ramadhan

Selain itu, mengikuti berbagai seminar dan workshop bisnis yang sering diadakan oleh komunitas atau organisasi pengusaha juga dapat menambah ilmu. Karena, hemat Deddy ilmu bisnis tidak didapatkan di bangku sekolah dan kampus, jadi seminar inilah sarana belajar yang efektif bagi pebisnis pemula.

Keempat, jangan mudah menyerah. Berdasarkan pengalamannya belasan tahun mengelola usaha kunci yang terpenting dalam meraih kesuksesan adalah sikap mental.

Baginya bisnis penuh tantangan dan resiko, jika gagal bangkit lagi, belajar dari pengalaman itu. “Dan jangan pernah menyerah untuk terus mencoba, karena jika anda menyerah semuanya akan punah” katanya.

Dirinya juga berpesan agar memulai usaha dari apa yang disukai terlebih dahulu, jangan melihat usaha orang yang sudah sukses lalu diikuti. “ Anda suka makanan ada baiknya bisnis kuliner, jangan melihat bisnis laundry lagi rame mau ikut-ikutan juga, sekali lagi fokus dan lakukan dengan senang hati” pesannya.

BACA JUGA:  Sekolah Swasta Alami Penurunan Peserta Didik

Reporter :***
Editor : Didin Ariyadi
Foto : Koleksi Pribadi

tag : deddy Subiantoro, Hipmi Banjarmasin, Tropis Group

Pos terkait