Sayangi Ginjalmu

  • Whatsapp
ilustrasi

Wartaniaga.com–  Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang, dan dekat dengan bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang. Ginjal sendiri adalah salah satu organ yang memiliki fungsi vital dalam kehidupan.

Fungsi ginjal sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup. Ginjal terdiri dari sepasang organ, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan. Untuk itulah sangat penting bagi kita dalam menjaga dan memelihara ginjal agar sehat dan berfungsi dengan baik.

Dr.dr.M Rudiansyah, M.Kes,Sp.PD,K-GH,FINASIM

Bagaimana cara memelihara dan menjaga ginjal kita agar sehat dan berfungsi dengan baik, ini adalah tips yang dibagi oleh Dr dr HM Rudiansyah, M.Kes., SpPD, K-GH, FINASIM untuk kehidupan kita sehari-hari.

BACA JUGA:  Menko Perekonomian Diduduki Sosok yang Kurang Tepat

Apa saja fungsi ginjal ?

Fungsi pertama yaitu ginjal akan membentuk air seni serta membuang air tersebut.  Fungsi kedua yaitu ginjal akan membersihkan sampah-sampah dari proses metabolisme tubuh  karena apabila disimpan dalam tubuh dan tidak dibuang akan menjadi racun di tubuh kita. Contohnya ureum, kalium, dan asam urat. Fungsi ketiga yaitu mengontrol tekanan darah melalui hormon-hormon, salah satunya adalah hormon eritropoietin yang merupakan hormon pembentuk hemoglobin. Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi kecil lainnya.

Bagaimana merawat ginjal kita agar tetap sehat ?

Dari beberapa pakar kesehatan dunia kita telah banyak mendengar salah satunya adalah dengan memperbanyak minum air putih.

Seberapa banyak air putih yang kita konsumsi ?

BACA JUGA:  Problematika Kebijakan Dana Desa

Air putih yang kita minum disesuaikan dengan berat badan kita yaitu antara 30-40cc/kg berat badan misanya dengan berat badan 50 kg maka air putih yang kita konsumsi adalah sebanyak 1.5 liter atau 1.500 cc. Apabila kondisi ginjal  sudah mulai rusak maka kita harus mengurangi konsumsi air putih ini karena ginjal tidak mampu lagi memproduksi air seni untuk dikeluarkan. Hal ini bisa berakibat fatal, tubuh  bisa membengkak, dan membuat fungsi tubuh yang lain menjadi terganggu.

Bagaimana kita menilai kondisi tubuh cukup cairan?

Kondisi tubuh sedang cukup cairan atau kekurangan cairan dapat dinilai secara subjektif. Contohnya air liur yang mengering, air mata berkurang, air seni yang kita keluarkan terlihat berwarna agak kuning dan tampak lebih pekat seperti air teh dapat menunjukkan bahwa tubuh kita sedang kekurangan cairan.

BACA JUGA:  Catatan Ringan Tentang Dubes RI untuk Singapore

Apa lagi yang harus dilakukan agar ginjal kita tetap sehat?

Bagi perokok dapat mengurangi atau bahkan berhenti sama sekali, menghindari konsumsi alkohol, serta menghindari penyalahgunaan narkoba. Perokok, peminum alkohol, ataupun pengguna narkoba akan terjadi kerusakan pembuluh darah yaitu pembuluh darah mengeras sehingga terjadi atherosklerosis termasuk pada pembuluh darah ginjal sehingga aliran darah ke ginjal terganggu akibatnya ginjal juga akan rusak.

L

Pos terkait