De Porang Logika, Konsep Bertani Pintar dengan Sistem Pendampingan

  • Whatsapp
Ir Aris Nugroho, Konsultan pertanian dan founder INOVAT

Wartaniaga.com- Sebuah usaha dengan melibatkan unsur pertanian tentunya merunut beberapa hal yaitu :

A.Pengadaan bibit yang mudah dan harga terjangkau.

B.Manajerial terpadu pertanian yang mapan .

C.Backup pasar yang jelas dan terarah.

Hampir semua sektor pertanian diberbagai lini menggunakan standarisasi di atas  akan tetapi sering pada aplikasi berjalannya yang terkadang kurang pas malah jauh dari kata pas tersebut. Regulasi menentukan arah manajemen semuanya baik dari pengadaan bibit sampai pasar. Dan terkadang hal ini pemaknaanya tidak terjalin diskripsi dan pemahaman di masyarakat indonesia.

Budidaya yang paling mutakhir adalah porang dimana tanaman ini sekarang menempati urutan pertama dari manajemen informasi yang beredar di masyarakat.Potensi ruang ekspor begitu besar dan menempatkan porang sebagai siklus pertanian terbarukan yang nyata.

BACA JUGA:  Perjuangan Melawan Virus Corona Bagi Kaum Penyandang Disabilitas

Porang merupakan bentuk dari kesempatan para petani dan pelaku pertanian untuk merubah nasib dari sisi pendapatannya di mana peluang yang di hitung dari umur tanaman,waktu periodik panen tanaman dan peluang harga yang begitu fluktuatif membuat tanaman ini menjadi primadona baru.

rang tidak terlalu ribet dan mudah hanya di butuhkan pemahaman cara bertani yang tepat dan benar. Tanaman porang tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan resiko sangat minim.

Pos terkait