Sempat Disarankan Untuk Dibubarkan, BPR Tala Raih Predikat The Best

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari – Sejak didirikan pada tahun 2015 hingga tahun 2018 Bank Perkreditan Rakyat ( BPR ) Tanah Laut terus mengalami kerugian, bahkan Jasa Otoritas Keuangan ( OJK ) sempat menyarankan agar BPR milik BUMD tersebut dibubarkan( 27/3 ).

Demi menyelamatkan BPR yang termasuk dalam salah satu BUMD tersebut, Bupati Tanah Laut Sukamta yang waktu itu baru saja dilantik ( 17/09/2018 ) langsung melakukan berbagai pembenahan, mulai dari sisi manajemen hingga sampai mendapatakan pangsa pasar.

Agar bisa mendapatkan suport dalam bentuk dana segar ( fresh money ), komunikasi dengan pihak Bank Kalsel pun dilakukan.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, berbagai kebijakan dan program pun terus dilakukan untuk membangkitkan kembali BPR yang sempat mencapai kerugian Rp 1,5 miliar lebih besar dari modal setor Rp 1,15 miliar tersebut.

BACA JUGA:  Kementerian PUPR Setujui Pembangunan Bendungan Sungai Kusan yang Digagas Mardani H Maming

Guna meningkatkan kemampuan penyediaan Capital Adequacy Ratio ( CAR ), Sukamta mewajibkan Para Pejabat Administrator Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut untuk menabung di BPR, sehingga pada tahun 2019 yang lalu kinerja BPR meningkat dan menghasilkan keuntungan sebesar Rp 310 juta.

” Tahun buku 2020 kita mendapat keuntungan 2,5 kali lipat ” jelasnya.Selain penyalurannya yang cukup baik, pencapaian BPR terhadap angka kredit bermasalah atau Non Performaring Loan ( N ) yang sangat rendak, yakni dibawah 2 persen pada Program Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente bagi Ekonomi Lemah ( Gapura Karomah ) juga mendapatkan apresiasi dari orang nomor satu di Bumi Tuntung Pandang tersebut.

BACA JUGA:  Soal PJU-TS di Tanbu, Pengamat : Mustahil Tanpa Usulan Anggota DPR

Tambahan modal sebesar Rp 10 miliar untuk program bagi peningkatan ekonomi para petani, nelayan dan pelaku usaha tersebut pun saat ini sudah disiapkan dan sudah diajukan ke DPRD Tanah Laut.

Segala kerja keras dan performa impresif yang ditunjukkan BPR Tanah Laut pun berhasil meraih berbagai penghargaan, diantaranya penghargaan The Best Performance pada kategori aset Rp 5 miliar hingga Rp 15 miliar di tahun 2019, penghargaan kategori TOP BUMD Awards 2020, sektor BPR Bintang 3 dan yang terbaru adalah dari total 198 BPR milik pemerintah se-Indonesia, BPR Tanah Laut berhasil meraih predikat ” The Best ” versi majalah Infobank 2021 dengan kategori BPR beraset Rp 25 miliar sampai dengan 50 miliar.

BACA JUGA:  Hadapi Akhir Tahun, Disdag Kalsel Jalin Koordinasi

” Ini sebuah kinerja yang luar biasa, kita harus support agar BPR bisa lebih baik dan lebih besar lagi, sehingga bisa memberikan kemudahan pelayanan keuangan kepada masyarakat Bumi Tuntung Pandang ” ucap Sukamta.

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait