Warga Binaan Rutan Klas II B Pelaihari Lakukan Skrining TB

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Pelaihari- Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan bersama Dinas Kesehatan Tanah Laut dan Puskesmas Angsau bekerjasama dengan Rutan Kelas IIB Pelaihari melakukan Skrining Tuberkulosis (TB) bagi warga binaan pemasyarakatan Rutan Pelaihari. ( 26/8 )

Bertempat di Aula Rutan Pelaihari, kegiatan diawali dengan penyuluhan penyakit TB dan HIV AIDS dilanjutkan skrining TB yang diikuti oleh 100 warga binaan.

Kasi Pencegahan dan P2M Dinkes Tanah Laut, MH. Hadiansyah Noor menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk deteksi dini penyebaran penyakit TB.
“Saat ini kita semua sedang berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, namun disamping itu kita juga berupaya dalam pencegahan penularan penyakit TB, karena penyakit ini juga sangat berbahaya bagi manusia”, jelasnya.

BACA JUGA:  Sambal Lalapan H. Udin, Pedasnya tak Sepedas Harganya

Kepala Rutan Klas IIB Pelaihari Budi Suharto, menyampaikan rasa terimaksihnya dan mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinkes Provinsi Kalsel beserta jajarannya yang menyasar para WBP di Rutan Pelaihari, dalam upaya pemberantasan penyakit TB di Kabupaten Tanah Laut.

“Kita tahu bahwa Rutan Pelaihari mengalami over kapasitas. Interaksi langsung antar WBP di dalam blok hunian sangat rentan membuat WBP terjangkit penyakit TB. Oleh karena itu Skrining TB ini sangat tepat dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit TB dan jika ada yang terkonfirmasi penyakit ini maka dapat diambil tindakan penanganan sesegera mungkin”, paparnya.

Budi Suharto mengharapkan melalui kegiatan ini, baik WBP maupun petugas semakin sadar akan bahaya penyakit TB. Tentunya Rutan Pelaihari telah melakukan langkah-langkah untuk meminimalisir penularan TB terhadap WBP sesuai dengan pentunjuk teknis pencegahan dan pengendalaian TB di Rutan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

BACA JUGA:  Keberagaman Suku dan Etnik, Buat Sri Sultan Datang ke Bumi Lambung Mangkurat

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait