IWAPI Kalsel : New Normal, Semangat Baru dan Produktifitas

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru- Menyambut diberlakukannya new normal di Indonesia selain penyesuaian terhadap tatanan kehidupan baru, di sana akan ada peluang dan tantangan yang akan dihadapi khususnya bagi pelaku usaha.

Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalimantan Selatan, Hj Shinta Laksmi Dewi menilai kehadiran new normal   ini harus disikapi dengan semangat baru yang mengedepankan semangat produktif , namun tetap menjaga keamanan terhadap penyebaran covid-19.

Menurutnya, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan menyambut phase new normal ini khususnya bagi pelaku UMKM sehingga mereka bisa menjalankan usaha dengan tetap memperhatikan standar protokol pencegahan penyebaran covid-19.

Bagi mereka, tambah Dewi, kepastian produksi bisa berjalan, produknya bisa dilempar ke pasar dengan aman adalah harapanya.  Karena selama pandemi banyak terjadi ketidakpercayaan pasar terhadap sebuah produk  bahkan penolakan produk atau brand tertentu.

BACA JUGA:  Segera Launching, Pasar Terapung Depan Makam Sultan Suriansyah

Selain itu,  di era new normal, penting untuk tiap daerah memiliki kemandirian guna  memenuhi kebutuhan domestiknya masing-masing demi memastikan ketersediaan  supply kebutuhan pokok hingga sekunder

“ Perlu dibentuk supply chain mandiri dalam  rangka pemberdayaan masyarakat dengan konsep misalnya  satu desa  satu  produk unggulan atau desa wisata,”ujarnya, Jum’at (29/5) malam.

Sementara itu, menyikapi budaya masyarakat yang selama pandemi banyak melakukan work from home (WFH) dan  akan berlanjut meski sudah new normal, Dewi berpesan kepada anggotanya agar meningkatkan kemampuan digital.

“Untuk bertahan pelaku usaha UMKM perlu selalu memantau perkembangan behavior masyarakat melalui media sosial. Sehingga kemudian bisa membuat inovasi-inovasi terhadap produk sekunder agar menjadi produk yg dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.

Pos terkait