Pertahankan Kualitas Rebut Pasar Jelang Lebaran

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Kebutuhan yang main meningkat menjelang lebaran tentu berdampak terhadap harga. Bagi sebagian besar produsen, kondisi ini menjadi kesempatan untuk meraup untung sebesar-besarnya, terlebih lagi pengusaha kuliner.

Menurut Penasehankan Asosasi Pengusaha Jasaboga Indoensia (APJI) kota Banjarmasin, dr Wahyu Hardi Prasetiyo, sebaiknya para pelaku bisnis kuliner tetap mempertahankan kualitas agar pasar tidak lari.

Muat Lebih

“ Tidak bisa dipungkiri semakin dekat dengan hari lebaran semakin banyaklah pemintaan masyarakat akan bahan makanan pokok utamanya yang akan digunakan untuk logistik rumah tangga” katanya kepada wartaniaga.com

BACA JUGA:  Hanya Di Sini, Nasi Kuning Senilai Rp. 10.000 Dijual Rp. 3.000

Untuk itu, sambung dokter ahli gizi ini, yang perlu ditekankan pada para perusahaan jasa boga tetap memperhatikan kualitas  penanganan  makan dengan baik dan benar.

Lebihlanjut Wahyu menuturkan sebaiknya pertahankan juga citarasa, karena produk yang sama banyak tetapi rasa yang berbeda. “Juga pertahanan rasa sajian makanan, jangan anda rubah. Kalau anda merubah citarasa kemungkinan  bakal ditinggalkan pelanggan” katanya.

Meski demikian, pelaku usaha dapat saja memperkecil ukuran dan memberi alternatif sajian.  “Mensiasati ukuran bisa jadi alternatif,  tentunya dengan menjelaskan pada konsumen bentuk ukuran mungkin agak,mengecil sedikit atau memberikan pilihan alternatif sajian yang lain adalah salah satu strategi disaat harga yang mulai naik ini” paparnya.

BACA JUGA:  Jelang Ramadhan, Usaha Katering Bersiap Panen

Memang, ujarnya  hal yang sangat klasik bagi pengusaha kuliner, harga bahan  selalu dan pasokan bahan makanan yang sedikit dikarenakan permintaan yang banyak dijadikan kambing hitam untuk mengurangi kualitas baik rasa maupun ukuran.

Dirinya berharap, pengusaha katering dan kuliner dapat menjadikan momentum Ramadhan selain untuk

Meraih laba juga menjadi berkah di bulan suci ini. “ Khusus untuk pengusaha ketering dan kuliner semoga memperoleh keuntugan yang harapkan dan juga berkah  di bulan suci ini. Yang pasti pertahankan kualitas produk anda untuk merebut pasar mendekati lebaran ” ucap Wahyu mengakhiri.

 

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto :  Dokumentasi wartaniaga.com

Pos terkait