PDAM Akan Dapat Penyertaan Modal Rp 1 Triliun

  • Whatsapp
Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Ir H Muslih saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan

wartaniaga.com, Banjarmasin- Harapan PDAM Bandarmasih untuk mendapatkan tambahan modal kiranya akan segera terwujud. Tim  penasehat investasi yang berasal dari Universitas Lambung Mangkurat menilai PDAM layak mendapatkan penyertaan modal hingga mencapai Rp. 1 triliun. 

Menurut Kepala Bagian Hukum Pemko Banjarmasin, Lukman Padlun, setelah melakukan pengkajian terhadap kelayakan PDAM untuk mendapatkan penyertaan modal, tim independen yang berasal dari ULM itu menyatakan layak BUMD yang satu ini memperoleh tambahan modal.

Muat Lebih

“ Mereka ( tim penasehat investasi,red) merupakan tim independen yang bertugas mengkaji layak atau tidaknya PDAM mendapatkan investasi dari pemko Banjarmasin atau pemerintah pusat. Dan hasilnya layak untuk mendapatkan penyertaan modal” ujarnya kepada sejumlah wartawan di Balai Kota, selasa (5/9).

BACA JUGA:  Ibnu Pastikan September Sultan Suriansyah Beroperasi

Meski demkian, Lukman menambahkan, modal yang diberikan nantinya bukan semata-mata berbentuk dana segar melainkan bisa berbentuk asset. “ Bisa saja modal yang didapat PDAM tidak sepenuhnya berupa uang, tetapi bantuan berupa pipa, asset atau fasilitas penunjang lain yang nantinya dinilai hingga mencapai Rp 1 triliun” jelasnya

Ditambahkannya, sesuai perundang-undangan yang berlaku penyertaan modal tidak hanya berasal dari pemko Banjarmasin, namun bisa juga berasal dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat bahkan luar negeri.

Untuk itu, menurut Lukman, payung hukum pelaksanaannya masih digodok oleh DPRD Kota Banjarmasin. “ Kita masih menunggu  Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sebagai payung hukum masih digodok Pansus di dewan,” katanya.

BACA JUGA:  Bank Indonesia Sudah Miliki Blueprint Pembayaran Digital

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Ir Muslih mengharapkan Raperda ini dapat segera terselesaikan agar pelayana terhadap masyarakat dapat berjalan optimal.

“ Adanya perda ini diharapkan akan dapat menyelesaikan berbagai persoalan bahan baku yang berkualitas dan tantangan untuk meberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Banjarmasin” ujarnya

Dirinya juga mengungkapkan saat ini penyertaan modal pemko Banjarmasin di perusahaannya  mencapai Rp. 412 miliar.

“ Hingga saat ini penyertaan modal pemko Banjarmasin di PDAM kurang lebih Rp. 412 miliar yang terdiri dari uang tunai dan asset” katanya.

Reporter : Dhani

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Dhani

Pos terkait