7 Tips Bagi Pemudik Roda Dua

  • Whatsapp
(wartaniaga.com)

WartaNiaga.com, Banjarmasin – Mudik sebagai budaya menjelang lebaran adalah sebuah rutinitas masyarakat Indonesia pada umumnya. Berkumpul dengan sanak saudara serta keluarga di kampung halaman menjadi kebahagian tersendiri. Nah, bagi pemudik yang menggunakan roda dua ada baiknya anda membaca tips ini agar perjalanan anda lancar dan sampai ketempat tujuan dengan selamat.

Berikut ini 7 tips dari Direktur Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Sentral Otomotif Banjarmasin, Nisfu Andi bagaimana mempersiapkan kendaraan anda menjelang mudik.

Muat Lebih

Pertama : cek ban dalam, jika sudah ada 2-3 tambalan sebaiknya ganti dengan yang baru. Hal ini sangat penting, terlebih lagi bagi pemudik keluarga, akan menjadi masalah jika anda kebocoran ban sementara anak dan istri harus ikut berjalan mencari volkaniser yang belum tentu dekat.

BACA JUGA:  PWI Galang Dana untuk Almarhum Muhammad Yusuf

Ukuran tekanan ban jangan kurang atau terlalu kempes membuat ban dalam bisa bocor saat diperjalanan. Karena gerak main ban dalam yang bergesekan dengan sisi dalam ban luar menjadi lebih tinggi. Kalau berlebihan tekanan ban atau terlalu kencang membuat kerja shock menjadi tumpuan utama apabila melalui jalan rusak.. badan akan terasa pegal-pegal

Kedua : Oli mesin sebaik nya ganti atau minimal di cek kekentalan dan kegelapan warnanya kalau masih agak terang atau bersih dan kental masih bisa dipakai. Meskipun pengaruhnya tidak secara langsung ini penting agar mesin kendaraan anda terawat, karena perjalanan yg ditempuh relatif jauh.

Ketiga : Busi sebaiknya diganti. Jangan sampai hanya karena busi kendaraan anda mogok di jalan. Ini perlu diperhartikan terlebih lagi saat musim hujan, minimal dibersihkan.

BACA JUGA:  Tagihan Listrik Tiba-Tiba Membengkak, Ini Penyebabnya !

Keempat : Rantai dan gear kalau masih bagus, cukup dibersihkan dengan minyak tanah dan diberi pelumas. Sedangkan untuk  kendaraan matic, Vanbelt, roller pada mesin matic dicek berapa lama pemakaian, ideal nya satu tahun sudah diganti

Keenam : Mencek semua kelengkapan kendaraan anda Lampu Righting kiri dan kanan, klakson, lampu rem belakang, ampere bensin.. pastikan semua berfungsi baik. Seringkali kesalahan pengendara tidak memperhatikan hal-hal kecil ini, padahal ini cukup vital, seringkali terjadi kecelakaan hanya karena tidak menyalakan lampu sein.

Terakhir : Gunakan helm SNI, bawa juga jas hujan, gunakan jaket pelindung sarung tangan melindungi jari kalau-kalau ada kerikil yang terlempar dari ban pengendara didepan atau sebaiknya pakai sepatu.

BACA JUGA:  Mendekati Lebaran Fery Sungai Puting Kebagian Berkah

Tentunya, selain tips di atas menurut Andi siapkan surat menyurat kendaraan dan fisik karena cuaca tidak bisa ditebak. Panas dan hujan akan berpengaruh terhadap medan yang dilewati yang memerlukan stamina prima. Selamat mudik semoga perjalannya lancar dan selamat sampai tujuan !

 

 

Pos terkait