Di Kotabaru, 5.606 KK Menerima PKH

Wartaniaga.com, Kotabaru- Sebanyak 5.606 Kepala Keluarga (KK) di kabupaten Kotabaru menjadi keluarga penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial Kotabaru Nurviza, SH. MA saat silaturahmi dengan Keluarga Besar PKH dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Wisata Hutan Meranti Kotabaru, Kamis ( 03/11 ).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“ Di tahun 2022 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Kotabaru ada 5.606 KK. Sementara bantuan yang telah disalurkan untuk program PKH sebanyak 17.628.300.000. dengan personil PKH sebanyak 23 orang, TKSK 22 orang”jelasnya.

Menurutnya, PKH merupakan wujud komitmen Pemerintah Pusat yang telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

” Selain sebagai program bantuan sosial, PKH ini juga membuka akses bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk mendapatkan pelayanan sosial dasar di bidang kesehatan, pendidikan, pangan, gizi, perawatan dan pendampingan termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya,” ujar Kadis.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM mengungkapkan, Program Pemerintah seperti PKH sangat diperlukan, mengingat peran penting SDM PKH dan TKSK sebagai relawan sosial dalam pengentasan kemiskinan sangat penting.

“Secara garis besar, Program Pemerintah seperti PKH sangat kita perlukan, sehingga perhatian kita terhadap Program maupun SDM pelaksananya juga harus kita lakukan. Selain dari SDM PKH, SDM TKSK juga memiliki peran penting dalam pengentasan kemiskinan,” paparnya.

Dikatakannya, program pengentasan kemiskinan hanya dapat berjalan apabila dilakukan secara bersama-sama sesuai tugas dan peran masing-masingmasing-masing, baik ditingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten hingga di tingkat Kelurahan dan Desa.

“ Program yang ada harus kita dukung dan sukseskan bersama, salah satunya program Keluarga Harapan (PKH) yang telah berjalan selama Tujuh (7) tahun di Daerah kita dan telah menyalurkan Bantuan Sosial kepada sekitar 5.500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah bantuan hampir 100 Miliyar, sekitar 15 hingga 18 Miliyar setiap tahunnya,” papar Sekda Kotabaru.

Reporter : Anaq
Editor : Nirma Hafizah

Pos terkait

banner 468x60