Hujan Mulai Terus Guyur Kalsel

  • Whatsapp
Hujan Mulai Terus Guyur Kalsel

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Syamsudin Noor menyatakan hari ini hingga dua hari kedepan Kalsel akan hadapi intensitas hujan ringan dan sedang. Bahkan, sejumlah wilayah lain seperti Kabupaten Balangan sampai dengan Kotabaru akan terkena dampak hujan lebat disertai petir.

Hal ini diungkapkan oleh staff prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Syamsudin Noor Kelas II Kalimantan Selatan, Rizqi Nur Fitriani, wilayah Kalsel akan mengalami intensitas hujan ringan hingga sedang selama dua hari dibeberapa kabupaten dan kelembaban udara pun mencapai 80 hingga 90 persen.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Pendatang Baru Siap-siap Dirapid Antigen

“Ya betul, yang jelas dalam dua hari kedepan hingga hari ini wilayah Kalsel akan terjadi hujan,” ujarnya kepada Wartaniaga.com via ponsel, Minggu (6/10).

Rizqi membeberkan potensi adanya hujan juga terdorong oleh lapisan atmosfer bawah dan menengah yang akhirnya membuat permukaannya menjadi basah akibat hal itu hujan pun turun disejumlah daerah yang ada di Kalsel.

“Terjadinya hal itu karena memang adanya pembasahan dari atmosfer makanya hari ini hujan turun,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ia menegaskan memang musim hujan belum masuk, akan tetapi pada masa peralihan biasanya akan terjadi hujan yang tidak beraturan. Bahkan, Kalimantan Selatan diprediksikan pada akhir Oktober nanti akan memasuki puncak musim kemarau. Akan tetapi, pihaknya pun juga sudah bisa memastikan di awal November musim hujan baru akan tiba.

BACA JUGA:  Habib dan Denny Dukung Pasangan JADI, Pilbup Balangan

“Untuk sementara ini masa peralihan sulit ditebak, tapi yang jelas awal November dipastiakan akan bisa terjadi musim hujan,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga mengungkapkan kembali wilayah yang terkena dampak hujan lebat dan petir tergantung dari kontur angin dan kelembabannya. Namun, prakiraan daerah yang terkena dampaknya sudah bisa dibaca oleh pihak BMKG setiap harinya.

“Himbauan daerah yang terkena dampak hujan besar sudah tertera di e-flayer yang kami buat setiap harinya,” pungkasnya.

Ia menjelaskan belokan angin (shearline) juga dipastikan sudah mengarah ke wilayah Kalsel hingga potensi hujan akan semakin besar. Selain itu, pihak BMKG juga sudah menganalisa daerah mana yang akan mengalami hujan sedang dan rendah untuk dua hari kedepan.

BACA JUGA:  DPD Golkar Banjarmasin Terus Bergerak Gelar Aksi Sosial Pasca Banjir

“Dari data yang kami dapatkan potensi hujan deras hari ini wilayah tabalong sampai Kotabaru sudah dipastikan hujan akibat shearline tadi,” bebernya.

Hingga besok, di wilayah Tabalong, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, serta sebagian Tanah Bumbu dan Kotabaru masih akan terjadi hujan susulan. Sampai saat ini pihak BMKG beri himbauan akan adanya potensi angin kecang disertai petir di setiap daerah tersebut.

Reporter : Riswan
Editor      : Hamdani
Foto        : Riswan

L

Pos terkait