Sekolah Swasta Alami Penurunan Peserta Didik

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Sekolah Swasta yang terdapat di Provinsi Kalimantan mengalami penurunan jumlah minat calon peserta didik dalam melakukan proses pembelajar.

Menurut Ketua Forum Kepala Sekolah Madrasah Muhammadiah Kota Banjarmasin, sekaligus Kepala Sekolah SMA Muhammadiah 1 Kota Banjarmasin, Abdul Gani membeberkan terhitung sejak tahun 2017 siswa yang masuk Sekolah Swasta mencapak 900 peserta didik.

“Pada tahun 2018 tedapat kurang lebih 800 peserta didik,” ujarnya, sesaat koordinasi dengan DPRD Kalsel dan Dinas Pendidikan, Kamis (13/8).

Ia menjelaskan pada tahun berikutnya, pada tahun 2019 sekitar 700 peserta didik yang mengenyam pendidikan di Sekolah Swasta khusus untuk Kota Banjarmasin, sedangkan untuk tahun 2020 hanya mencapai 600 orang peserta didik.

BACA JUGA:  10.300 Anggota PWI Sudah Kompeten

“Ini jelas penurunan jumlah peserta didik,” katanya.

Ia menjelaskan perlu adanya penerapan sistem dilapangan yang harus benar-benar diterapkan agar dapat menyelesaikan polemik yang sedang dihadapi pada saat ini.

“Kita tidak menyalahkan sistemnya, akan tetapi pelaksaan dilapangan yang perlu diawasi,” ucapnya.

Adapun setelah melakukan pemeriksaan oleh pihaknya terhadap penurunan minat calon siswa di Sekolah Swasta, terdapat perebutan peserta didik oleh sekolah negeri, padahal pendaftaran sudah ditutup.

“Kita punya data kontak yang bersangkutan, ternyata sudah diterima disekolah negeri,” bebernya.

Pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat peserta didik, dan program sekolah yang ditawarkan tidak kalah bersaingan dengan yang lainnya.

Penulis : Aditya

Pos terkait