MoU dengan BPJS, RSUD Sultan Suriansyah Kebut Akreditasi

  • Whatsapp
BPJS

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Bertujuan untuk dapat melayani pengobatan pasien miskin atau kurang mampu di Banjarmasin, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah harus melalui beberapa tahapan proses akreditasi agar bisa melakukan MoU dengan BPJS Kesehatan.

Dalam 3 bulan terakhir pihak RSUD Sultan Suriansyah sudah melakukan 3 tahapan yang menjadi syarat akreditasi agar bisa tercapainya MoU tersebut.

Muat Lebih

Seperti yang disampaikan oleh Direktur RSUD Sultan Suriansyah, dr Sukotjo Hartono. “Sampai saat ini kita sudah melakukan beberapa tahapan,” ujarnya.

ProsesĀ  Akreditasi Agar Bisa Melakukan MoU dengan BPJS

Tahapan pertama yaitu bimbingan akreditasi yang dilakukan oleh Nelwati Skp Mkep pada tanggal 26 sampai 28 September beberapa waktu lalu dan Bimbingan Medik oleh Prof DR dr H. Zainal Musthafa MSI Mhkes Sp.JP tanggal 15 – 17 Oktober 2019.

BACA JUGA:  Akhirnya "A Thousand Rivers" Jadi Branding Kota Banjarmasin

“Selain itu juga dilaksanakan IHT (In House Training) bagi sarana internal maupun eksternal RSUD Sultan Suriansyah seperti BHD, APAR, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Komunikasi Efektif, Hak Pasien dan Keluarga, serta EWS,” bebernya.

BPJS
Diskusi antara BPJS dengan RS Sultan Suriansyah

Kedua Survei Simulasi Akreditasi yang dilakukan oleh dr Atikah M. Zaki MARS, Luh Gede Sukaningsih Skep Ners, dan dr Djaenah Karim SpRm MARS yang dilakukan pada tanggal 12 hingga 14 November 2019 kemarin.

Pada tahap tersebut juga melibatkan perwakilan Pemerintah Kota Banjarmasin diwakili oleh Asisten II Ir Doyo Pudjadi dan perwakilan Dinas kesehatan Kepala bidang Kesmas Kuswanta SKM, untuk wawancara tertutup dengan pihak surveyor dari KARS tentang komitmen Pemko terhadap RSUD Sultan Suriansyah.

BACA JUGA:  Kodim 1007 Banjarmasin Bersama Komunitas Sahabat Banua Bagikan 1000 Paket Sembako

BPJS Digunakan Masyarakat Banjarmasin

Adapun tahap ketiga yang sedang berjalan adalah Workshop Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien yang di sampaikan oleh dr Tini Sekarwati MM dan dr Yawestri Pudjiati G, MARS yang dilaksanakan pada tanggal hari ini dan besok.

Sukotjo menambahkan setelah tahap ke 3 yang saat ini sedang dilaksanakan di RSUD Sultan Suriansyah selesai, pihaknya akan masuk ke tahap berikutnya, yaitu Survey Akreditasi yang akan dilaksanakan pada Tanggal 9 hingga 11 Desember 2019 nanti.

Menurutnya pihak RSUD Sultan Suriansyah berusaha keras melalui ketiga tahapan tersebut yakni hanya dalam kurun waktu 3 bulan saja, “RS lain bisa sampai 1 tahun untuk melakukan persiapan akreditasi itu,” tambahnya.

BACA JUGA:  KPP Pratama Mentahkan Tudingan BPPRD

Ia berharap agar seluruh elemen masyarakat Banjarmasin dan pihak terkait mendukung penuh kegiatan itu supaya bisa berjalan lancar dan bisa memenuhi semua persyaratan Akreditasi yang dilaksanakan dari pihak KARS.

“Itu semua dilakukan agar pada 2020 mendatang bisa memenuhi pelayanan terhadap masyarakat Banjarmasin yang menggunakan BPJS,” tutupnya.

Reporter : Zakir
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Zakir

Pos terkait