Keberagaman Suku dan Etnik, Buat Sri Sultan Datang ke Bumi Lambung Mangkurat

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Beragam suku dan etnik yang ada di Bumi Lambung Mangkurat hingga menimbulkan keberagaman budaya di Kalimantan Selatan ternyata membuat ketertarikan tersendiri bagi seorang Sultan ternama di Indonesia yakni Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk berkunjung ke Bumi Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan.

Dalam lawatannya ke Banjarmasin Sri Sultan didampingi isteri tercintanya Permaisuri Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan disambut hangat oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor yang juga didampingi isteri tercintanya Hj. Raudatul Jannah, di Mahligai Pancasila Jum’at (6/9) malam.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Kadishub : Rekayasa Lalulintas Salah Satu Solusi Kemacetan
Loading...

Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan keberagaman budaya, suku dan etnik yang ada di Kalimantan Selatan membuat pihaknya tertarik berkunjung sekaligus ingin menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kalimantan Selatan, mengingat apa yang dimiliki Kalsel ini merupakan potensi besar untuk dikerjasamakan dan diwujudkan, sehingga bisa menjadi keuntungan yang memajukan kedua daerah, harap Sultan.

Loading…

Dihadapan Gubernur Kalsel, Sri Sultan juga mengatakan ingin menjalin hubungan kerjasama dalam bidang ekonomi dan pendidikan, mengingat di Jogja ada sekitar 800 mahasiswa Kalimantan Selatan yang menuntut ilmu, dan ini bisa menjadi penghubung bagi kedua daerah dalam mentransformasikan segala perkembangan yang terjadi dikedua daerah dimaksud.

Seperti hal nya pentas seni budaya dari Asrama ke Asrama secara bergantian 4 bulan sekali yang dilaksanakan di Jogja, dan kegiatan ini bisa menjadi salah satu bentuk komunikasi dari antar etnik, agar mereka bisa jadi saling mengenali kebudayaan satu sama lain, hingga mereka bisa saling harga menghargai, jelas Sultan.

BACA JUGA:  Binahong Tanaman Herbal yang Bernilai Ekonomis

Sementara itu, Gubernur H. Sahbirin Noor atas keinginan Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta, menyatakan menyambut baik atas keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan pihaknya segera mensikapinya dengan meminta SKPD terkait untuk menindaklanjutinya. Bahkan ujar Paman Birin panggilan akrab Gubernur Kalsel, pihaknya siap melakukan kerjasama pembangunan dengan Jogjakarta dalam segala bidang, apalagi selama ini antara Kalsel dan Jogja sudah terjalin hubungan yang sangat erat dan baik, tandas Paman Birin.

Reporter : Mg 05
Editor : Hamdani
Foto : Mg 05

Loading...

Pos terkait