Sampah dI Irigasi Menumpuk, Pemko Banjarbaru ‘Slow Respon’

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Sungai Irigasi di Jalan Intan Sari Kelurahan Ratu Elok, Banjarbaru, mulai tercemar akibat timbunan sampah. Pasalnya, sudah sebulan terakhir ini Dinas Kebersihan Kota Banjarbaru belum merespon untuk membersihkan irigasi. Tak hanya itu, tumpukan sampah juga dikeluhkan warga setempat, air sungai menjadi tercemar dan warga pun enggan beraktifitas.

Muat Lebih

Warga Jalan Intan Sari RT. 19 Kelurahan Ratu Elok, Banjarbaru, Nani, mengatakan, sudah sebulan terakhir ini tidak ada akitivitas pembersihan sampah di sungai ini oleh Dinas Kebersihan. Akibatnya, sampah dari hulu kehilir menumpuk hingga alirannya tersumbat.

BACA JUGA:  AMPI Kalsel Dituntut Pertajam Gerakan Kepemudaan

“Kami sudah memantau dalam sebulan terakhir ini tidak ada aktivitas dari Dinas Kebersihan untuk membersihkan sungai irigasi ini dan akhirnya menumpuk hingga aliaran sungainya tersumbat. Biasanya ada, kok tumben,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Sabtu (7/9).

Ia menambahkan, menumpuknya sampah di lingkungan sungai Irigasi Intan Sari bukan seutuhnya kesalahan dari masyarakat, namun pemko perlu melakukan pendekatan ke masyarakat dengan sosialisasi bahaya pencemaran air sungai di lingkungannya.

“Kami berharap pada Dinas Kebersihan agar rutin mengecek keadaan sungai irigasi yang sudah dibangun supaya tetap bersih dan enak dipandang,” katanya.

Menanggapi itu, Kepala Bidang Kebersihan Kota Banjarbaru, Hartono, menjelaskan, pihaknya baru membersihkan sekitar Menara Pandang Kemuning yang ada di Guntung Paikat sei Besar. Namun, terkait sungai Intan Sari itu, pihaknya akan segera melakukan pembersihan.

BACA JUGA:  KKB Ingin Lestarikan Bahasa Bakumpai

“Ya, kami sudah melakukan pembersihan sungai di Menara Pandang Kemuning Guntung Paikat, selanjutnya giliran sungai Irigasi di Intan Sari,” ujarnya kepada Wartaniaga.com via selular hari ini.

Ia berharap, kepada masyarakat terkait permasalahan ini agar bersabar dan membahu dalam menjaga ekosistem air sungai di lingkungannya.

“Kita berharap warga bersabar dan bersama-sama membantu dalam menjaga ekosistem air sungai yang sehat dan bersih. Setelah ini pihaknya akan melakukan penyuluhan tentang kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan air sungai,” tutupnya

Reporter : Mg 02
Editor : Hamdani
Foto : Mg 02

Pos terkait