Sayur Bening Jadi Pengobat Rindu Shifu Hellen dan Suami

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin-Khas dan nikmatnya kuliner Banua rasanya tidak perlu diragukan lagi. Banyak dari masyarakat Banjar yang merantau ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan luar negeri selalu merasakan kerinduan pada masakannya.

Shifu Hellen dan Adrean Damian misalnya, jauh-jauh datang dari Amerika hanya  karena rindu dengan Gangan Waluh ( sayur labu,red) dan  Iwak Haruan (ikan Gabus,red).  Pasangan suami istri yang sudah 17 tahun bermukim di negeri  Paman Sam itu sering kali pulang ke Banjarmasin hanya untuk menikmati berbagai kuliner khas Banjar.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Alokasi Dana Kelurahan, Kampung Melayu Prioritaskan Infrastruktur dan SDM
Loading...
Saat menikmati masakan khas Banjar bersama teman dan sahabat

Gangan waluh, sayur bening, gangan balamak, sambal acan, papuyu baubar  dan  haruan basanga  menjadikan kami selalu rindu kota Banjarmasin” ujar Hellen didampingi sang suami  kepada wartaniaga.com.

Loading…

Bagi mereka, meksi sudah puluhan tahun meninggalkan Banua, namun cita rasa masakannya tidak akan bisa tergantikan.  “ Tidak bisa dibandingkan dengan makan di sana, jauh nikmat punya kita” ucap ibu 3 putri ini.

Dikatakan Hellen sejak kecil dirinya sudah terbiasa dengan masakan Banjar sehingga motivasi pulang ke Banjarmasin selalu ingin menikmati kulinernya.

“ Saat di sini kami selalu mencari makanan khas Banjar, soto banjar, nasi sop, nasi kuning dan bahkan mandai” ceritanya saat makan siang disalah satu rumah makan di kawasan Jalan Pramuka Banjarmasin, Jum’at (30/8).

BACA JUGA:  Pengurus SMSI Kalsel Audensi ke Walikota Banjarmasin

Untungnya, tambah Adrean  mereka masih memiliki keluarga yang banyak di Banjarmasin  sehingga  acapkali ada beberapa kuliner yang bisa dikirim ke Amerika sebagai pengobat rindu.

“ Kalau kerupuk Haruan, amplang  sering  dapat kiriman dari sini, tapi kalau masakan dan kue bingka, amparan tatak atau kelalapon tidak bisa kami nikmati jika tidak pulang ke kota Seribu Sungai ini ” paparnya.

Mereka menilai  kuliner khas Banjar mulai dari masakan sampai kue sangat digemari bukan saja bagi masyarakat Banjar tetapi juga bagi pendatang.

“ Teman-teman kami yang di Jakarta atau  Surabaya  yang sering ke Banjarmasin juga mengakui nikmatnya kuliner kita” ucap suami istri yang bermukin di Los Anggles, California, Amerika Serikat ini seraya menambahkan semoga kelestarian kuliner Banua tetap terjaga.

BACA JUGA:  Hangat, Begini Silaturahmi PWI Kalsel dengan Kapolda

Editor : Didin Ariyadi

Loading...

Pos terkait