Hadapi Idul Fitri, BI Siapkan Rp 3,5 T untuk Penukaran

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Bank Indonesia kantor Perwakilan Wilayah Kalimantan Selatan  telah menyiapkan uang untuk penukaran sebesar Rp 3,5 triliun.  Hal ini disampaikan oleh kepala unit pengelolaan uang rupiah Bank Indonesia,  Purwanto kepada sejumlah wartawan dalam acara buka puasa Bank Indonesia bersama Wartawan di Banjarmasin, Kamis (16/5).

” Bank Indonesai  bekerja sama dengan 33  Bank umum untuk memudahkan masyarakat melakukan penukaran uang  receh jelang Idul Fitri nanti ” terangnya.

Muat Lebih

Purwanto

Bukan itu saja, ditambahkannya,  ada 153 counter  diseluruh kabupaten/kota se Kalsel yang disiapkan untuk melayani masyarakat tanpa dipungut biaya.

BACA JUGA:  Lagu Cincin Kawin Paman Birin Bernilai Rp 20 Juta

” Kami harapkan kepada masyarakat bisa menukar uangnya melalui counter  resmi dari Bank BUMN maupun swasta yang tersebar di seluruh Kalsel. Untuk menghindari peredaran uang palsu dan tanpa dipungut biaya alias gratis” jelas Purwanto.

Meski demikian, pihaknya membatasi jumlah penukaran hal ini bertujuan agar pembagiannya bisa merata dan menghidari jual beli uang.

“ Satu orang bisa menukarkan uang sebesar Rp 3.700.000  dengan rincian Rp 20 ribu sebesar Rp 2 juta, Rp 10 ribu sebesar Rp 1 juta, Rp 5 ribu sebesar Rp 500 ribu dan Rp 2 ribu Rp 200 ribu. Dan bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, fliksibel saja tetapi jumlahnya tetap Rp 3,7 juta” paparnya.

BACA JUGA:  Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi, Uniska dan Pemko Jalin Kerjasama

Pada kesempatan ini, Purwanto juga mengungkapkan Bank Indonesia  masih melayani penukaran uang rusak, uang cacat dan uang lusuh, tanpa dipungut biaya.

“Untuk penukaran uang tersebut bisa dilakukan di Bank Indonesia dari hari senin sampai jum’at, sesuai nominal yang di tukar” pungkasnya.

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Edhy Dharmawan

L

Pos terkait