Perikanan Jadi Sektor Prioritas Ekonomi Baru Kalsel

  • Whatsapp
HG Burhanuddin

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Pemerintah Provinsi Kalsel terus berupaya menggali dan mengembangkan sektor-sektor sumber daya ekonomi yang belum dimaksimalkan. Menjadikan Kalsel “ Mapan” (Mandiri dan Terdepan,red) menjadi tujuan yang harus dicapai. Demikian dikatakan Asisten 1 Bidang Pemerintan Prov. Kalsel HG Burhanuddin disela-sela Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, di Banjarmasin, Rabu (5/12).

Menurutnya perlu sinegri antara pemerintah, perbankan dan pihak swasta untuk membangun setor-sektor ekonomi diluar pertambangan. “ Pemerintah sangat serius dalam membangun ekonomi daerah, mencari dan mengembangkan sektor lain seperti sumber daya kelautan dan pertanian” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Muat Lebih

BACA JUGA:  Allianz Sebut Kesadaran Warga Soal Asuransi Masih Rendah

Salah satunya, sambung Burhanuddin  Pemprov. Kalsel memberikan hibah berupa 15 buah kapal untuk nelayan di Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru.

“ Baru saja Gubernur menyerahkan bantuan kepada nelayan di Kabupaten Kotabaru sebanyak 15 buah kapal dengan harapan mereka dapat memaksimalkan tangkapan selain untuk kebutuhan lokal juga ekspor” terangnya.

Ditambahkannya, pemerintah juga sedang  mengembangkan  sektor hulu dari industri perikanan ini seperti pengalengan. “ Melalui Dinas Perikanan dan Kelautan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan kami juga memaksimalkan industri pengalengan ikan” paparnya

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakian Bank Indonesia, Kalsel, Herawanto mengungkapkan ada 3 sektor prioritas yang dapat dikembangkan di Kalsel yakni agroindustri, perikanan dan pariwisata.

BACA JUGA:  Bupati Serahkan BLT DD Tahap Dua

“Sesuai hasil riset Growth Strategy Bank Indonesia, terdapat tiga sektor prioritas yang dapat dikembangkan yaitu agroindustri, perikanan, dan pariwisata. Kami melihat bahwa pemikiran kami juga sejalan dengan program PemProv  Kalsel sebagaimana tertuang dalam dokumen RPJMD 2016-2021” katanya.

Khusus untuk sektor perikanan, dirinya menilai melimpahnya  potensi yang dimiliki Kalsel sangat layak untuk dikemangkan. “ Sudah saat memang kita mengembangkan sektor lain diluar pertambangan seperti perikanan “ ucapnya

Pengembangan ketiga sektor unggulan tersebut dipandang tepat dan strategis karena selain berperan penting dalam transformasi perekonomian Kalsel  juga akan berkontribusi terhadap perekonomian nasional khususnya dalam memperbaiki kondisi neraca perdagangan (Current Account Deficit).

Reporter : Edhy Dharmawan

BACA JUGA:  Ayam Ras dan Ikan Gabus Masih Menjadi Pendorong Inflasi di Kalsel

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Pos terkait