Ini 4 Komponen yang Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Kalsel

  • Whatsapp
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Harymurthy Gunawan (tengah)
L

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Bank Indonesia memperkirakan perekonomian Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mengalami pertumbuhan yang cukup baik pada tahun 2018 ini. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya dimana  secara keseluruhan tahun 2017 tumbuh sebesar 5,29%, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan tahun 2016 hanya diangka 4,40%.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Harymurthy Gunawan, ada empat komponen yang mempengaruhi dan di Kalsel semua komponen itu mendukung tumbuhnya ekonomi daerah.

Muat Lebih

“ Sektor konsumsi rumah tangga yang meningkat  disebabkan lapangan kerja yang mulai terbuka menjadi komponen yang paling berpengaruh terhadap tumbuhnya ekonomi Kalsel” ujarnya saat temu wartawan ekonomi yang diselenggarakan Bank Indonesia, di Banjarmasin, Selasa ( 20/3).

BACA JUGA:  Pendatang dari Pulau Jawa Naik 2,7 Persen

Komponen berikutnya adalah ekspor komoditas unggulan yang mulai meningkat, seperti kelapa sawit dan batu bara. “ Dari sisi fundamental negara mitra utama , pada tahun 2017 permintaan eksternal (ekspor) Kalsel meningkat hingga saat ini” tambahnya.

Sementara itu, kebijakan pemerintah daerah dibidang ekonomi turut meningkatankan kepercayaan investor. Investasi inilah yang juga turut menggerakkan ekonomi daerah, selain ditunjang infrastruktur seperti bandara yang sudah mulai ditingkatkan statusnya dan pembangunan tenaga listrik.

Di sisi lain, sambung Hary, konsumsi pemerintah juga ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meskipun komponen ini akan dirasakan pada pertengahan hingga akhir tahun. “ Harga yang ditetapkan pemerintah, Harga bahan pangan dan Komponen harga barang jadi turut andil terhadap peningaktan itu” katanya.

BACA JUGA:  OJK Selenggarakan Sekolah Pasar Modal Syariah

Bahkan, pria yang selalu tampil rapi ini menuturkan perumbuhan itu akan lebih meningkat jika sektor pariwisata dan perkebunan dapat lebih dikembangkan.

“ Kita punya sungai, hutan dan berbagai buah-buahan unik yang dapat dikembangkan sebagai objek wisata  dan dikelola secara professional jua akan membantu perekonomian masyarakat yang pada ujungnya meningkatkan ekonomi daerah” bebernya.

Berdasarkan proyeksi World Economic Outlook (WEO) update Bank Dunia, yang dikeluarkan pada januari 2018, perekonomian dunia diprakirakan akan meningkat pada tahun 2018, selanjutnya bertahan stabil pada tahun 2019.

Reporeter : Edy Dharmawan

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Edy Dharmawan

L

Pos terkait