Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin -Pertemuan Tahunan Perwakilan Bank Indonesia (PTBI) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2020 dirangkai dengan kegiatan PTBI 2020 Kantor Pusat Bank Indonesia secara daring dihadiri Presiden RI Joko Widodo pada Kamis ( 3/12).

Bank Indonesia, optimis pemulihan ekonomi nasional pada 2021 dapat terwujud dengan penguatan sinergi melalui 1 prasyarat dan 5 strategi.

Satu prasyarat tersebut adalah vaksinasi dan disiplin prokes COVID-19, dan 5 strategi respons kebijakan yaitu : pembukaaan sektor produktif dan aman, percepatan stimulus fiskal (realisasi anggaran), peningkatan kredit dari sisi permintaan dan penawaran, stimulus moneter dan kebijakan makroprudensial serta digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya UMKM.

Demikian disampaikan Perry Warjiyo Gubernur BI dalam PTBI Tahun 2020.

BACA JUGA:  Hadapi Nataru, Pertamina MOR IV Bentuk Satgas

“Momentum pertumbuhan positif ini harus dijaga. Pelaksanaan protokol kesehatan harus terus dilakukan dengan disiplin dan terus waspada serta tidak lengah agar tidak muncul pandemi gelombang kedua yang akan merugikan upaya dan pengorbanan yang telah dilakukan,”pesan Presiden RI, Jokowidodo dalam sambutannya.
Kegiatan rutin ini (PTBI).

Sementara itu PLT Gubernur Provinsi Kalsel, Rudy Resnawan menyampaikan pentingnya upaya transformasi mengingat beberapa tahun ke belakang perekonomian Kalsel sangat bergantung pada SDA ektraktif. Ketergantungan tersebut sangat berpengaruh terhadap ekonomi Kalsel yang tumbuh melambat ketika harga batubara mengalami penurunan permintaan berkurang.

“Semakin tingginya tantangan perekonomian sebagai dampak merebaknya pandemic COVID-19. Tantangan tersebut berimbas pada pertumbuhan ekonomi Kalimantan Selatan triwulan III 2020 yang terkontraksi sebesar 4.68% (yoy) lebih dalam dari triwulan II 2020 yang trkontraksi 2.63%,” papar Rudy

BACA JUGA:  Dewan Dukung Bongkar BTS Tidak Berizin

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel, Amanlison Sembiring mengatakan sejalan dengan tema PTBI 2020, kerjasama dan koordinasi antar semua pihak sangat diperlukan untuk mendukung perbaikan ekonomi di tahun 2021.

Perekonomian global secara bertahap mulai membaik harus memicu semangat optimism pemulihan ekonomi di Kalimantan Selatan. Perekonomian domestic yang perlahan membaik harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat sinergi membangun optimism oleh semua pihak, baik Pemerintah (Pusat dan Daerah). Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga/instansi vertical, perbangkan dan berbagai pihak lainnya guna mendorong pemulihan ekonomi. Penerapan prokes pencegahan penyebaran COVID-19 tentunya dapat mendukung peningkatan aktivitas ekonomi seiring meningkatnya mobilitas masyarakat.

Pos terkait