Bank Indonesia Perwakilan Kalsel Gelar Festival Antasari

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPwBl Kalsel) kembali menggelar Festival ANTASARI (Akselerasi dan Transformasi Ekonomi Digital Terkini), dengan mengangkat tema “Banua Go Digital”, Kamis (20/10/2022).

Kegiatan ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan dan berlangsung selama satu bulan penuh mulai dari tanggal 20 Oktober s.d. 19 November 2022. Pembukaan Festival Antasari dilaksanakan tanggal 20-10-2022 bertempat di Kampus di Universitas Lambung Mangkurat.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Acara pembukaan turut dihadiri Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof Dr Ahmad SE MSi, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Humas, Prof Dr Ir H Yudi Firmanul Arifin MSc, Regional CEO Bank Mandiri Region IX Kalimantan, Jan Wiston Tambunan, Wakil Pimpinan BNI Wilayah 09 Kalimantan, Rahmanto,

Selain itu ada juga perwakilan PJP yang berpartisipasi seperti Bank Kalsel, Bank Nobu, Bank UOB, Maybank, Bank Central Asia (BCA), LinkAja, Bank Permata, dan ShopeePay.

Dalam sambutannya Imam Subarkah Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan akseptasi dan pemahaman masyarakat akan pemanfaatan teknologi digital sehingga mendorong terbentuknya ekosistem keuangan digital di Kalimantan Selatan.

KPwBl Provinsi Kalsel juga bersinergi dengan BNI dan Bank Mandiri dalam melakukan digitalisasi Universitas Lambung Mangkurat (UKM). Kampus Digital diresmikan secara bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Regional CEO Bank Mandiri Region IX Kalimantan, Wakil Pemimpin Bank BNI Wilayah 09 Kalimantan.

“Dengan diresmikannya Kampus Digital, diharapkan ULM bisa menjadi pelopor dalam membentuk ekosistem keuangan digital terutama di Kalimantan Selatan,” ujar Imam.

Dalam rangka meningkatkan literasi dan pemahaman terkait dengan transaksi non tunai lanjut Imam, diselenggarakan juga Seminar Transaksi Digital yang dilaksanakan di Aula Lecturer Theater Building, Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM.

Seminar ini juga disampaikan tentang interoperabilitas layanan Sistem Pembayaran. Selain itu, Festival Antasari akan terus berjalan dengan berbagai rangkaian kegiatannya Iainnya yaitu, 1 Antasari Cashless Days (20 Oktober -19 November 2022).

Bank Indonesia sebagai bank sentral akan bersinergi dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) menyediakan promo diskon hingga 50% di ribuan merchant yang tersebar di Kalimantan Selatan dengan syarat pembayaran menggunakan QRIS.

Selain diskon, terdapat pula perlombaan untuk merchant dengan frekuensi transaksi QRIS terbanyak dan juga user dengan transaksi QRIS terbanyak di masing-masing PJP.

Selanjutnya ke-2 yaitu Webinar Perlindungan Konsumen (27 Oktober 2022) yang bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam bertransaksi digital dan memberikan edukasi terkait dengan perlindungan konsumen.

Dan ke-3. NGUPI (Ngobrol barenG serUput koPl) yang akan dihadiri oleh berbagai stakeholder di Kalimantan Selatan. Ke-4 adalah High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi TP2DD dalam mendorong Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD)dan diikuti oleh seluruh pemda di Kalimantan Selatan.

Ke-5, Lomba Dance & Fotografi dengan total hadiah puluhan juta. Yang terakhir atau ke-6 adalah Penutupan Festival Antasari ( 19 November 2022) dimeriahkan oleh panggung hiburan dan pengumuman berbagai lomba serta dapat dinikmati oleh masyarakat umum.

Keseluruhan informasi terkait dengan rangkaian kegiatan Festival Antasari tersebut dapat diakses lebih Ianjut di Instagram @bank_indonesia_kalsel. Informasi tentang Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Tel.081 1-508-605, email: humasbikalsel@bi.go.id

Editor : Eddy Dharmawan

Pos terkait

banner 468x60