KHairuddin : BUMDes Bantu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

  • Whatsapp
Khairuddin, Konsultan BUMDes yang juga Ketua Fraksi Gerindera DPRD Kabupaten Banjar

Wartaniaga.com, Martapura- Peningkatan ekonomi masyarakat desa tidak lagi hanya bertumpu pada perkebunan dan pertanian, namun pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah mendorong seluruh desa di Indonesia untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).  

Menurut  salah seorang konsultan BUMDes,  Khairuddin, tujuan didirikannya BUMDes disetiap desa pastinya untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat. “ BUMDes bertujuan untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat desa demi kemajuan dan kesejahteraan mereka “ jelasnya kepada wartaniaga.com 

Muat Lebih

Diungkapkannya, Pendirian BUMDes dilandasi oleh UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No. 72 Tahun 2005 tentang Desa. Berdasarkan aturan ini, maka BUMDes nantinya akan berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT).

BACA JUGA:  Disperindagkop-UKM HSU Gelar Pelatihan Online

Sehingga, tutur Ketua Fraksi Gerindera DPRD Kabupaten Banjar ini, pembentukan BUMDes disetiap desa perlu didorong agar mampu membantu masyarakat desa meningkatkan ekonominya. Dan bentuk usaha yang dipilih tertantung pada potensi desa masing-masing.

“ Usaha yang dikerjakan tergantung kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh desa masing-masing. Bisa saja sebagai penyalur berbagai bahan subsidi milik pemerintah seperti LPG, pupuk, pembayaran listrik oniline atau pembiayaan terhadap petani” jelas

Dirinya berangapan sebaiknya setiap desa memiliki BUMDes agar dapat mengelola dana desa yang sekarang jumlahnya cukup banyak diberikan pemerintah. “ Tujuan dibentukya BUMDes sudah jelas untuk menjadi penopang perekonomian desa, jadi jika dana desa yang diberikan pemerintah pada setiap desa itu dikelola oleh BUMDes, akan lebih efektif dan bermanfaat” jelas anggota komisi IV ini.

BACA JUGA:  Norlatifah : Anjal dan Gelandangan Perlu Dibina

Sebagaimana diketahui berdasarkan data dari  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  saat ini baru 18 ribu desa yang memiliki BUMDes dari 74 ribu desa di Indonesia. Jumlah ini masih jauh dari target yang dingin dicapai pada tahun 2019 mendatang yakni 50 persen desa di Indonesia sudah memiliki BUMDes.

Reporter : ***

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Koleksi Pribadi

 

Pos terkait