Jelang Lebaran Pegadaian Siapkan Milyaran Rupiah Perhari

  • Whatsapp
Pegadaian Siapkan dana untuk melayani masyarakat jelang lebaran. (wartaniaga.com - reporter: Edi Koesmono)

WartaNiaga.com, Banjarmasin – Menghadapai lebaran tahun ini Pegadaian Area Banjarmasin menyiapkan dana milyaran rupiah perhari untuk melayani masyarakat yang memerlukan pinjaman dana.

Assisten Manager Supporting Bussines Pegadaian Area Banjarmasin, Muhammad Aminullah mengatakan sejak beberapa hari sebelum bulan Ramadhan sudah mulai peningkatan permintaan dana dari msyarakat.

Muat Lebih

“Dua minggu sebelum bulan puasa sudah banyak masyarakat datang ke Pegadaian untuk meminjam dana, pada umumnya menggadaikan perhiasan dan surat kendaraan” ujarnya.
Menurutnya, ini merupakan kebiasaan setiap tahunnya sehingga pihaknya sudah dapat mengantisipasi lonjakan permintaan.

BACA JUGA:  Bank Sampah Ajarakan Nasabahnya Menabung Emas

“Sudah kebiasaan setiap tahunnya jika menjelang puasa Ramadhan hingga 3-5 hari sebelum lebaran banyak masyarakat memerukan dana. Maka, belajar dari pengalaman tahun sebelumnya kami sudah menyiapkan dana 1-1,5 milyar perhari untuk 8 cabang yang tersebar di seluruh Kalsel “ katanya.

Dirinya juga menuturkan, saat-saat memasuki bulan puasa umumnya masyarakat lebih banyak menggadaikan perhiasan untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan. Sebaliknya saat mau lebaran banyak yang menggadaikan surat kendaran.

“Masyarakat perantauan biasanya menjelang lebaran banyak menitipkan kendaraannya disini, selain mendapatkan uang untuk tambahan berlebaran, kendaraan mereka juga aman disini. Sebaliknya masyarakat yang berdomisi sekitar wilayah Kalsel banyak menebus perhiasan menjelang lebaran karena telah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR)“ jelasnya.

BACA JUGA:  TNI Siap Mendukung Pembangunan di Daerah

Namun demikian, Aminullah menjelaskan jika menggadaikan surat kendaraan lebih selektif dari pada perhiasaan, sehingga ia menyarakan jika memiliki perhiasan baik memilih perhiasan untuk dihgadaikan dari pada kendaraan.

“Pershiasan lebih mudah dan cepat mendapatkan pencairan sedangkan kendaraan harus melalui berbagai macam tahapan mulai dari kelengkapan data sampai dengan survey dari tim kami, jika sudah memenuhi persyaratan baru dana keluar” ujarnya.

Reporter : Edi Koesmono
Editor : Didin Ariyadi

Pos terkait