Pemkab HSU Ikut Kick off Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023

PJ Bupati HSU ikuti Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023

Wartaniaga.com, Amuntai – Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara (HSU )Zakly Asswan, bersama Ketua DPRD HSU, dan perwakilan Forkopimda, serta para petani dan masyarakat Kecamatan Babirik, mengikuti kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan tahun 2023 secara online di Kecamatan Babirik Rabu (1/11).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kolaborasi antara Kementerian Pertanian dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan dilaksanakan dalam rangka Hari’ Ulang ke 78 TNI,kegiatan yang dilaksanakan di 185 tempat tersebut dilakukan secara teleconprensi atau online ,secara Nasional kegiatan dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat Kabupaten Bekasi Kecamatan Cibitung tepatnya di Taman Pancasila dan dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH.Ma’ruf Amin.

Dari 185 tempat yang terhubung dengan kegiatan teleconprensi tersebut , HSU merupakan salah satu tempat yang juga melaksanakan kegiatan nasional ketahanan pangan,dimana dalam kegiatan itu selain mengikuti kegiatan kick off Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023 secara online juga dilakukan panen padi dan percepatan tanam padi .

Zakly mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. Menurutnya masyarakat HSU terutama
para petani di Kecamatan Babirik ini patut bersyukur dan berterimakasih atas dianugerahi lahan yang sangat subur sehingga bisa dikelola untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Saya melihat di sini lahan sangat subur panen tanam sering dilakukan,tentunya hal seperti itu akan mensejahterakan masyarakat disini,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSU, Masrai Syawfajar menyampaikan dalam kegiatan panen dan tanam ini disiapkan lahan ratusan hektar dan ada peningkatan dari tahun kemarin.

“Alhamdulilah untuk lokasi panen dan tanam disini sudah disiapkan ratusan hektar dan tahun ini sudah ditingkatkan,” terangnya.

Masrai juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan panen dan tanam ini, petani sering menemui kendala terutama masalah BBM, dimana saat ini pertanian disini dalam beberapa aktifitas sudah menggunakan mesin sehingga ketergantungan dengan BBM terutama solar sangat tinggi ,saat ini BBM solar bersubsidi sudah tidak tersedia dan hanya jenis solar dexlite yang ada namun harganya cukup tinggi dan tempat pembeliannya sangat jauh.

Mengenai ketersediaan pangan saat ini terutama padi Masrai kembali menyampaikan bahwa untuk stok masih aman dan ditahun ini ada surplus sehingga bisa memenuhi keperluan pangan daerah tetangga namun belum maksimal.

Selain dihadiri oleh pejabat dan undangan lainnya kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para anggota Kepolisian ,TNI para penyuluh pertanian se Kabupaten HSU dan institusi terkait lainnya.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60