Sentuh Daerah Terluar, PN Amuntai dan Disdukcapil HSU Integrasikan Pelayanan Sehari

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Pengadilan Negeri Amuntai kembali melanjutkan aksi nyata untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kali ini Pengadilan Negeri Amuntai bersinergi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan program kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Integrasi pelayanan antar instansi dilakukan dengan penandantanganan Perjanjian Kerja Sama Penyediaan layanan tuntung sehari  kepada Masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kerja sama ini merupakan upaya dari Pengadilan Negeri Amuntai dan Dinas Dukcapil untuk dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat terutama kepada masyarakat di daerah terluar tanpa harus datang ke Pengadilan Negeri dan mendekatkan masyarakat dengan Pengadilan.

Kerjasama ini akan mempercepat dan menekan biaya proses permohonan yang diajukan terhadap perbaikan identitas pada dokumen kependudukan.

BACA JUGA:  Distanhorbun Tanah Laut Adakan Temu Lapangan Petani Karet

Guna dapat memanfaatkan program ini, masyarakat dapat melakukan pendaftaran pada Dinas Dukcapil dan selanjutnya akan dilakukan kordinasi dengan Pengadilan Negeri untuk menentukan jadwal sidang. Proses peridangan dan perbaikan dokumen kependudukan tersebut nantinya akan dilaksanakan dalam waktu 1 hari dimana Pengadilan Negeri Amuntai dan Disdukcapil datang langsung ke tempat tinggal masyarakat tersebut.

Kegiatan Penandatanganan tersebut di gelar pada Kamis 18 Maret 2021 di kantor Pengadilan Negeri Amuntai dengan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Amuntai Budi Hermanto, SH, MH, beserta jajaran Hakim dan Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Hj. Ida Rimaliana, SE, MAP, beserta jajarannya.

Pada kesempatan tersebut Budi Hermanto mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Dinas Dukcapil yang memiliki semangat yang sama untuk memberikan pelayanan kepada Masyarakat dan mengharapkan program ini dapat berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat Amuntai, “Program one day service (sehari tuntung) ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara terutama masyarakat yang berada di daerah terluar/ terpencil.

Pos terkait