Bappedalitbang Balangan Launcing Inovasi Belanja Cil

Kepala Bappedalitbang Rakhmadi Yusni saat membeli produk yang dijual oleh salah satu pedagang di Pasar Paringin.

Wartaniaga.com, Paringin – Tingkatan roda perekonomian di Kabupaten Balangan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Balangan melauching inovasi Bela Pedagang dan Jasa Kecil (Belanja Cil) di Pasar Tradisional Paringin, Kamis (2/11/23).

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni mengatakan tujuan diluncurkan Belanja Cil ini untuk mengajak seluruh ASN di lingkup Bapeddalitbang untuk belanja di Balangan setiap satu bulan sekali.

“Ini merupakan langkah inovasi dari Bapeddalitbang guna menindaklanjuti arahan Bupati Balangan, untuk penguatan ekonomi masyarakat melalui pengutan belanja,”ucapnya.

Ia menambahkan, untuk batasan awal minimal belanja para ASN adalah Rp. 250.000 per orang dan untuk produk yang dibeli akan di data oleh pihak Bappedalitbang sehingga bisa terlihat keberpihakan ASN terhadap pedagang di Balangan.

“Kalau kami minimal mengupayakan nilai belanjanya adalah Rp. 250.000, selebihnya bebas,” sebutnya.

Rakhmadi melanjutkan, untuk Inovasi Belanja Cil ini tidak untuk memberatkan para ASN akan tetapi hanya untuk mengarahkan mereka untuk berbelanja kebutuhan di Kabupaten Balangan.

“Maksud dari mengatur atau mengkoordinir belanja ini tidak menambah belanja mereka dan memang untuk belanja rutin, cuma hanya mengatur satuan waktunya saja,” lanjutnya.

Rakhmadi berharap, inovasi Belanja Cil ini bisa diikuti oleh SKPD lainnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan.

“Harapan nantinya semoga SKPD lain bisa mengikuti juga,” harapnya.

Terpisah, Syarkawi salah satu pedang di Pasar Paringin mengatakan bahwa inovasi Belanja Cil yang digelar oleh Bappedalitbang sangat disambut antusias oleh para pedagang.

“Kami tentunya sangat senang dan menyambut baik dengan inovasi ini,” katanya.

Ia pun berharap kegiatan ini bisa terus berkesinambungan sebagai upaya pemerintah daerah dalam memajukan ekonomi pedagang.

“Kita berharap, sebagai warga Balangan, ataupun bekerja di Balangan ada beban moral untuk bagaimana meningkatkan geliat perekonomian di Kabupaten Balangan,”pungkasnya.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Fairuz Reza

Pos terkait

banner 468x60