Sahrujani : Pertanian dan Perikanan Meski Menjadi Prioritas di HSU

Wartaniaga.com. Amuntai- Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan, H. Sahrujani, menilai pembangunan di kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) meski memprioritaskan bidang pertanian, perikanan dan perternakan.

Hal tersebut diungkapkannyanya, ketika menjawab pertanyaan peserta yang mengikuti Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, di Desa Kota Raja,Kecamatan Amuntai Selatan, Rabu (19/10).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Menurut pria yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten HSU, tiga bidang ini menjadi prioritas karena wilayah ini tidak memiliki sumber daya alam (SDA).

“ HSU kita tidak punya seperti tambang batu bara, emas dan bijih besi dan lain-lainnya. Yang ada hanya hamparan rawa yang luasnya sekitar delapan puluh persen dari luas wilayahnya,” paparnya.

Dirinya sangat mengapresiasi atas keputusan Pemerintah Kabupaten HSU yang menganggarkan pada tahun 2023, untuk membeli alat berat ekskavator amphibi sebanyak 4 buah. Ini sangat cocok sekali dengan kondisi alam di daerah ini dan kalau kita jadi pemimpin akan kita tambah lagi untuk membeli beberapa ekskavator.

Untuk menunjang keberhasilan program yang akan diterapkan itu nantinya, H Jani panggilan akrabnya, menjelaskan, akan memberi pelatihan dan bimbingan para pemuda, mahasiswa dan seluruh elemen-elemen masyarakat, untuk menggali potensi rawa menjadi bermanfaat sumber pnghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat HSU.

“Kalau perlu kita lakukan riset atau penelitian dengan mendatangkan ahlinya di bidangnya, seperti pertanian, kita akan datangkan ahlinya dari Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk meneliti lahan rawa kita ini untuk menjadi lahan produktif, lahan pertanian untuk padi dapat dipanen setahun dua kali,”paparnya.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60