Disperakplh Expose Desain Pintu Gerbang Perbatasan HSS-TAPIN

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan- Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry bersama Wakil Bupati (Wabup) HSS Syamsuri Arsyad menyaksikan langsung Expose desain rencana Pembangunan Pintu perbatasan Kabupaten Hulu Sungai Selatan – Kabupaten Tapin yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperakplh) Ronaldy Prana Putra, di aula rakat mufakat Setda setempat , Selasa (8/3).

Selain dihadiri Bupati dan Wabup, Expose tersebut juga diikuti oleh para assisten Staf Ahli dan Kepala OPD serta Pihak Perusahaan PT.Antang Gunung Meratus.

Kadisperalh Ronaldy Prana Putra mengungkapkan pembangunan Gerbang perbatasan HSS-TAPIN akan tetap mempertahankan bangunan yang ada, tidak di roboh total akan tetapi di rehap dengan memberikan tambahan-tambahan lainnya.

BACA JUGA:  Dukung Revolusi Hijau, Kodim 1001/HSU-BLG Tanam 1 juta Pohon

“Kami akan merenovasi bangunan yang ada, pilar-pilar yang ada akan di manfaatkan, pilar tersebut ter ilhami dari lambing Kab.HSS” jelasnya.

Pilar-pilar yang telah ada terilhami dari lambang Kab. HSS yang menunjukkan Kab. HSS yang kokoh dan mapan dengan transformasi berupa atap tumpang talu dan lambang daerah (pena, parang bungkul dan lawang mesjid).

Selain itu kata Ronaldy, pintu gerbang ini juga memanfaatkan bangunan gerbang selamat jalan dari Kab. Tapin. Di mana di ibaratkan gerbang selamat jalan itu seperti pedang pora untuk menyiapkan masuk ke Kab. HSS. Pintu gerbang HSS ini akan menonjolkan sisi minimalis namun terlihat kokoh.

Diperkirakan Pembangunannya akan menelan biaya sekitar Rp. 1,2 Miliar dengan pendanaanya akan sepenuhnya di tanggung oleh PT. AGM. Dan untuk pelaksanaan kegiatan akan di mulai pada bulan Mei tahun 2022 ini diperkirakan akan selesai dalam lima bulan di bulan September 2022.

BACA JUGA:  Semangat Sumpah Pemuda, Kodim 1009/Plh gotong royong bersama Pemuda Desa bedah rumah nenek Kasiah

Manager External PT. AGM, Andhika Dewa Permata menyatakan AGM siap sepenuhnya untuk menanggung biaya pembangunan Gerbang Perbatasan tersebut.

“ Kita akan support melalui dana CSR PT.AGM , perusahaan berkomitmen dan menyanggupi untuk menanggung semua biaya pembangunan” katanya.

Sementara Bupati HSS menyarankan agar terkait desain pembangunan pintu gerbang agar pewarnaan disesuaikan dengan warna khas lambang Kab. HSS serta untuk memperhatikan pencahayaan atau lampu-lampu di malam hari agar keindahannya terlihat.

“Perwarnaan dapat menyesuaikan dengan warna lambang kab.HSS , serta pencahayaan agar keindahannya dapat terlihat di malam hari, saat orang melintas memasuki atau meninggalkan kab.HSS” saran Bupati Fikry

Reporter : Amutz
Editor: Nirma Hafizah

Pos terkait