31 Pengrajin Diajari Membuat Kopiah Khas Tala

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Pelaihari- Para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan pengrajin di Kabupaten Tanah Laut (Tala) semangat belajar membuat produk terobosan baru khas Tala bersama Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten (Disnakerind) Tala.

Hal ini diungkapkan langsung oleh salah seorang peserta yaitu Rokhayat yang sudah mengikuti pelatihan di Aula Disnakerind Tala, Jum’at (17/12).

Diakui oleh Rokhayat bahwa ia bersama 31 rekan pengrajin lainnya sangat bersuka cita mengikuti pelatihan pembuatan kopiah khas Tanah Laut yang telah dipakai oleh Bupati dan Wakil Bupati Tala beserta jajaran Forkopimda Tala pada hari jadi ke-56 Kabupaten Tala.

Dikatakannya bahwa pembuatan kopiah yang dominan penjahitannya dengan tangan itu memiliki tata cara yang lebih khusus jika dibandingkan dengan pembuatan baju biasa.

BACA JUGA:  Dinkes HSU Gelar Diklat Distric Food Inspector

“Karena ini handmade, tingkat kerumitannya cukup luar biasa,” ujarnya.

Ia pun berharap usaha fashion di Kabupaten Tala akan semakin maju dengan adanya semangat kerjasama dari berbagai pihak, karena usaha rekannya saat ini akan menjadi awal sejarah di masa akan datang.

“Ini luar biasa karena terobosan baru Tanah Laut. Ini adalah semangat gotong-royong karena tidak hanya pemerintah, tapi juga bersama teman-teman dari pelaku IKM dan pengrajin yang akan menjadi kekuatan untuk menghidupkan Tanah Laut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Bidang Perindustrian pada Disnakerind Tala, Nurmaya Safitri Pemkab Tala bersama tim kreatif dari Tala telah berkonsultasi dengan ahli fashion dari Yogyakarta untuk menciptakan kopiah khas Tala tersebut.

BACA JUGA:  Pj Ketua PKK Kalsel Sebut Penurunan Stunting di HSU Capaian Luar Biasa

Setelah disepakati bersama, maka lahirlah produk dengan membawa filosofi dari Kabupaten Tala, yang kemudian dipelajari bersama-sama oleh pelaku IKM yang terdiri dari penjahit dan pengrajin di Kabupaten Tala, dengan menghadirkan narasumber dari Tim Aruna Kreatif yang bergerak di bidang fashion designer.

Nurmaya turut berharap nantinya usaha para pelaku IKM dapat semakin berkembang seiring dengan hadirnya produk fashion khas Tala tersebut.

“Melalui mereka nantinya masyarakat juga akan dikenalkan dengan kopiah yang dapat digunakan saat santai maupun acara formal,” ujarnya.

Disebutkan pula bahwa kopiah khas tala itu akan diresmikan oleh Bupati Tala pada 26 Desember 2021 mendatang.

“Kabupaten Tanah Laut akan memiliki kopiah khas yang berbeda dengan kabupaten lain dan ini akan menjadi ikon daerah,” pungkasnya.

BACA JUGA:  KPM 4 Kecamatan Terima Bantuan Program Sosial dari Wabup Syamsuri

Editor : Edhy Dharmawan

L

Pos terkait