Memaksimalkan Peran Samping Desa dalam Mengawal Program Sosial

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kandangan- Memaksimalkan peran dan tugasnya di tengah masyarakat, Dinas Sosial kabupaten Hulu Sungai Selatan ( HSS) melakukan Rapat Kordinasi (Rakor) bersama Sarjana Pendamping Desa (Samping Desa) se kabupaten HSS.

Rakor ini dibuka langsung Bupati HSS H.Achmad Fikry.M.ap , di gedung Pramuka Kandangan, Rabu (16/6).

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad S.AP.MA  menjadi narasumber bersama Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah.

Bupati Fikry mengatakan konsep awal dari Samping Desa yakni sarjana ditempatkan di desa untuk membantu Kepala Desa dalam Pelayanan administrasi .

” Sebelum adanya Samping Desa layana di desa sangat lambat. Adanya program ini, masalah itu suda teratasi,” jelasnya.

Diungkapkannya, seiring berjalan waktu Samping Desa yang dulunya berada di bawah naungan Bagian Ekobang , sekarang Berada pada koordinasi Dinas Sosial.

BACA JUGA:  Tak Ingin Diam, KIS Batman Gelar Donasi

” Perannya juga  ikut bergeser, termasuk mengawal program bantuan yang disalurkan baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah , sehingga dengan pengawalan tersebut, bantuan yang di berikan tepat sasaran bagi penerimanya,” terang Fikry.

Menurutnya, di peruode ke duanya ini sebagai Bupati , peran Samping Desa juga sebagai mengawal individu-individu yang terdaftar pada program sosial, membantu masyarakat yang membutuhkan , seperti lansia yang butuh brobat ke fasilitas kesehatan.

Melalui rakor ini lanjut Bupati Fikry diharapkan dapat memupuk semangat anggota Samping Desa.

” Kami mengingatkan kembali tugas mereka, peranya sehingga dapat lebih berkiprah lagi membangun desa,” harap Bupati HSS.

 

Reporter : Amutz
Editor : Aditya

L

Pos terkait